Dispora Kaltim dipimpin Sekretaris Sri Wartini mempresentasikan kesiapan Kaltim sebagai tuan rumah PAPP dihadapan Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda, Edi Nurinda di Kantor Kemenpora Jakarta, Kamis (16/2/2022).

Dispora Kaltim Siap Menjadi Tuan Rumah PPAP

SAMARINDA – PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) bersama tiga provinsi lain yakni Kalimantan Selatan, Riau dan Bengkulu menjadi kandidat tuan rumah penyelenggara Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP).

“Mengingat adanya usulan calon tuan rumah yang lebih dari dua provinsi, maka Kemenpora menggelar pemilihan dengan mendengarkan kesiapan dari masing-masing provinsi,” jelas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, Agus Tianur saat ditemui Jum’at (17/2/2022).

Pemprov Kaltim lanjutnya, melalui Dispora Kaltim telah mempresentasikan kesiapan Kaltim sebagai tuan rumah di Jakarta dengan dipimpin Sekretaris Sri Wartini yang didampingi Kabid Pengembangan Pemuda Rasman dan Kabid Pemberdayaan Pemuda Bahri beserta sejumlah staf.

“Pemaparan disampaikan di hadapan Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda, Edi Nurinda di Kantor Kemenpora Jakarta, Kamis (16/2/2022) kemarin. Insya Allah kita sangat siap di mana tempat penyelenggaraan yang akan dipusatkan di Desa-Desa seputar IKN,” jelasnya.

Kenapa di sekitar IKN? Agus mengatakan agar pemuda-pemuda dari seluruh provinsi di tanah air dapat melihat langsung bagaimana dan dimana IKN, sekaligus mereka dapat membawa cerita tentang IKN ke daerahnya.

“Kita optimis terpilih sebagai tuan rumah, anggaran sudah tersedia dalam APBD tahun anggaran 2023. Kita juga akan kolaborasikan dengan kegiatan Internasional (Organization Islamic Cooperation Culture Activity (OICCA) Tahun 2023,” kata Agus.

Disamping itu, Kaltim memiliki segudang pengalaman menggelar event nasional maupun internasional seperti Pre Summit Y-20 Presidensi G-20 dan terakhir tuan rumah perhelatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) nasional tahun 2022 lalu.

Sri Wartini menambahkan untuk secara detil tempat pelaksanaan berada di Kecamatan Sepaku meliputi Desa Bumi Harapan, Desa Bukit Raya, Desa Pemaluan, Desa Suko Mulyo dan Desa Karang Jinawi.

“Alhamdulillah kita telah selesai presentasi di Kemenpora. Kaltim sangat siap dan berpengalaman menggelar event kepemudaan. Ini menjadi nilai jual dan kekuatan kita,” ujar Sri.

Sebagai informasi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) bertujuan untuk mempererat persahabatan dan kerja sama pemuda Indonesia, serta meningkatkan saling pengertian, yang selanjutnya bisa menciptakan dan meningkatkan kerja sama dan persahabatan antara pemuda se-Indonesia.

PPAP merupakan kegiatan Kemenpora yang kembali dilaksanakan sejak tahun 2022 lalu yang ditujukan untuk kepentingan membangun benang pengait dan perajut kebhinekaan sebagai bangsa. []

Penulis: Yulia Fatmawati Fauziah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com