Anggota DPRD Kaltim saat Kundapil dan melakukan pertemuan dengan jajaran Pemkab Berau di pertemuan di Ruang Kakaban Sekretariat Daerah Berau, Rabu (05/04/2023). -Foto : Istimewa-

Melakukan Kundapil, Sutomo Jabir Berharap Bantuan Dimanfaatkan Dengan Baik

Anggota DPRD Kaltim saat Kundapil dan melakukan pertemuan dengan jajaran Pemkab Berau di pertemuan di Ruang Kakaban Sekretariat Daerah Berau, Rabu (05/04/2023). -Foto : Istimewa-

 

PARLEMENTARIA KALTIM – Tiga Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yakni Sutomo Jabir, Makmur HAPK dan Kadir Tappa melakukan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) ke Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dan Berau, Rabu (05/04/2023).

Kundapil tersebut bertujuan untuk melakukan monitoring dan evaluasi realisasi bantuan keuangan (Bankeu) yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltim tahun anggaran 2022.

Anggota Komisi III DPRD Kaltim Ir. Sutomo Jabir, ST. MT mengatakan, diskusi ini merupakan bentuk evaluasi. Sebagaimana tugasnya, yaitu fungsi pengawasan. Sejauh mana proyek-proyek tentang keuangan yang diturunkan bisa berjalan baik dan tepat sasaran.

“Sebagaimana tugas DPRD, kami melakukan fungsi pengawasan. Monitoring sejauh mana kegiatan provinsi yang berbentuk bantuan keuangan untuk kabupaten/kota bisa berjalan baik dan tepat sasaran,” ujar Sekretaris Fraksi PKB DPRD Kaltim ini.

Dalam pertemuan di Ruang Kakaban Sekretariat Daerah Berau dan dihadiri Bupati Berau Sri Juniarsih, Sekda dan BPKAD Berau itu, Sutomo Jabir mengatakan pihaknya melakukan sinkronisasi tentang rencana dan realisasi bantuan keuangan tahun 2022 kemarin, serta tahun 2023 yang tengah berjalan.

Sementara untuk tahun 2024, ia meminta agar kabupaten/kota membuat permohonan bantuan keuangan sesuai dengan prioritas yang belum tercakup dalam program di APBD kabupaten/kota. Harapannya, bantuan keuangan tersebut dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

“Tadi ada beberapa saran dari Sekda, termasuk yang akan dirampungkan adalah pembangunan jalan menuju Pelabuhan Marang Teritip dan jalan lingkungan di luar daerah Tumbit sampai Kalay,” tutup Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kaltim ini. []

Penulis: Yulia Fatmawati Fauziah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Verified by MonsterInsights