Kapolda Kaltim Irjen (Pol) Imam Sugianto bersama Wagub Kaltim Hadi Mulyadi usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang gowes Tour de IKN, di halaman GOR Segiri Jalan Kusuma Bangsa, Samarinda, Sabtu (24/06/2023). -(Foto : Guntur)

Kapolda Kaltim Ucap Syukur Road Bike Tour De IKN Sukses

Kapolda Kaltim Irjen (Pol) Imam Sugianto bersama Wagub Kaltim Hadi Mulyadi usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang gowes Tour de IKN, di halaman GOR Segiri Jalan Kusuma Bangsa, Samarinda, Sabtu (24/06/2023). -(Foto : Guntur)

 

SAMARINDA – GELARAN Road Bike Tour De IKN dan Fun Bike Bhayangkara ke-77 garapan Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) berjalan sukses. Acara yang diikuti sekitar 1.000 pelaku gowes dari berbagai penjuru tanah air itu, dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 1 Juli.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kaltim Irjen (Pol) Imam Sugianto mengucapkan syukur atas lancarnya kegiatan Gowes Tour De Ibu Kota Negara (IKN) yang telah dilaksanakan selama dua tahun berturut-turut itu.

“Alhamdullilah even ini sukses kita gelar dua tahun berturut–turut. Dulu kita mengambil rute dari Samarinda ke Balikpapan, tahun ini kita balik dari Balikpapan ke Samarinda,” kata Imam Sugianto usai menyambut kedatangan para peserta fun bike di garis finis di halaman Gedung Olahraga Segiri, Jalan Kusuma Bangsa, Samarinda, Sabtu (24/06/2023).

Para pemenang gowes Tour de IKN dengan hadiah sepeda Gravel dan uang tunai sebesar Rp 10 juta. -(Foto : Guntur)

Mantan ajudan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini berharap gelaran even bersepeda tersebut dapat menumbuhkan atlet-atlet yang mempunyai bakat balap sepeda yang bagus. Langkah selanjutnya akan dilakukan pembinaan secara intensif.

“Ini kebijakan Kapolri selaku Ketua Umum ISSI Pusat dalam mengolahragakan dan mencetak atlet-atlet muda berbakat untuk dijadikan atlet tingkat internasional. Mudah-mudahan dari gelaran seperti ini tumbuh atlet yang mempunyai bakat balap sepeda yang bagus untuk selanjut dilakukan pembinaan secara intensif. Itu harapannya,” jelas Kapolda.

Meskipun garis akhirnya di Kota Samarinda, namun ia menyebut bahwa gowes Tour de IKN merupakan sosialisasi pembangunan ibu kota negara kepada masyarakat Kaltim. Harapannya, tentu saja warga Benua Etam dapat mendukung dan mengawal keberlanjutan pembangunan IKN.

“Kita kasih tagline Tour de IKN Kaltim walaupun finisnya di Samarinda, sekaligus sosialisasi IKN. Keberlanjutan pembangunan IKN harus kita kawal dan tahun depan target pak Presiden Joko Widodo akan melakukan upacara bendera di IKN, semoga bisa terlaksana,” kata Jenderal bintang dua ini.

Terkait peserta yang terlibat dalam acara ini, Imam Sugianto mengungkapkan bahwa para peserta tidak hanya datang dari kota-kota di Kaltim saja, seperti Samarinda, Balikpapan, Bontang dan Tenggarong. Tetapi juga dari Surabaya, Jogyakarta, Sulawesi bahkan Sumatera.

Para peserta gowes Tour de IKN saat tiba di Halaman GOR Segiri Samarinda. -(Foto : Guntur)

 

“Seperti yang rekan media lihat, pesertanya ada yang berasal dari Surabaya dan Jogyakarta. Termasuk atlet Sea Games dan atlet-atlet nasional dari Jakarta, semuanya datang ke sini. Itu pun terpaksa kita batasi hanya seribu peserta. Kalau tidak dibatasi, bakal lebih banyak lagi yang datang,” katanya lagi. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com