Penampilan atraksi seni dan budaya saat pembukaan Kaltim Fest 2023 yang digelar di Convention Hall Samarinda, Komplek Gelora Kadrie Oening, Jalan Wahid Hasyim Samarinda, Jumat (07/07/2023) malam. -(Foto: Yulia)

Gubernur Isran Noor Buka Kaltim Fest 2023

Penampilan atraksi seni dan budaya saat pembukaan Kaltim Fest 2023 yang digelar di Convention Hall Samarinda, Komplek Gelora Kadrie Oening, Jalan Wahid Hasyim Samarinda, Jumat (07/07/2023) malam. -(Foto: Yulia)

 

SAMARINDA – DINAS Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar ajang Kaltim Fest 2023. Kegiatan bertajuk “Explore Tourism and Economy Creative in Nusantara” ini digelar di Convention Hall Samarinda, Komplek Gelora Kadrie Oening, Jalan Wahid Hasyim Samarinda, mulai Jumat (07/07/2023) hingga Sabtu (15/07/2023) mendatang.

Kepala Dispar Kaltim Akhmad Herwansyah menjelaskan, selain untuk mengenalkan berbagai seni dan budaya serta pariwisata di Benua Etam, kegiatan ini dilaksanakan guna mendongkrak kesejahteraan para pelaku ekonomi kreatif.

Akan ada 84 kegiatan yang terdiri dari berbagai perlombaan, talk show, seni dan budaya dari lokal, nasional hingga internasional yang akan disajikan ke hadapan masyarakat Benua Etam. Selain itu, selama sembilan hari pelaksanaan masyarakat juga akan dihibur penampilan artis dan band lokal hingga ibu kota.

Kaltim Fest 2023 itu sendiri dibuka langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor. Dia mengaku bangga dengan pelaksanaan Kaltim Fest kali ini, karenanya peserta paling ramai dari tahun-tahun sebelumnya.

“Peserta Kaltim Fest tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Ada beberapa kegiatan seperti Fashion, Kekraf, serta UMKM. Tahun ini lebih ramai,” ujar Gubernur Isran Noor.

Gubernur berharap Kaltim Fest 2023 ini sebagai ajang informasi pembangunan daerah serta peningkatan perekonomian masyarakat Benua Etam. “Saya yakin Kaltim Fest tahun ini sangat meriah. Pesertanya pun ada dari adik bungsu, Provinsi Kaltara,” kata Gubernur Isran Noor dihadapan undangan pembukaan Kaltim Festival 2023.

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini pun mengajak seluruh masyarakat Kaltim untuk bersama-sama meriahkan event promosi wisata dan ekonomi kreatif daerah ini. Sehingga perputaran ekonomi, khususnya pelaku usaha semakin meningkat.

Pembukaan Kaltim Fest 2023 itu dimeriahkan dengan penampilan grup band J-Rock. Terlihat pula artis ibukota berparas ayu, Maudy Kusnaedi yang terkenal dengan peran Zaenab dalam sinetron Si Doel Anak Betawi.

Gubernur Kaltim Isran Noor (tengah) usai membuka Kaltim Fest 2023 didampingi Kadispar Akhmad Herwansyah dan Sekdaprov Kaltim Sri Wahyuni. -(Foto: Hmsprov)

 

Hadir juga dalam acara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekda) Kaltim Sri Wahyuni, Wakil Walikota Samarinda Rusmadi, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Ahmad Herwansyah, Wakapolres Samarinda AKBP Eko Budiman, Wakil Bupati Berau H. Gamalis, Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa, Kabid IKP dan Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, Irene Yuriantini dan undangan lainnya.

Kaltim Festival 2023 yang digelar di Convention Hall Samarinda itu juga terdapat Bazar UMKM yang menyajikan berbagai jenis kuliner khas daerah maupun nasional, selain UMKM fesyen dan seni.

Untuk gerai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) aneka kuliner di luar convention hall terdapat 70 gerai, sedangkan di dalam convention hall terdapat 80 gerai UMKM berupa baju fasyen dan seni.

Dalam festival selama sembilan hari yang dibuka Jumat malam itu, juga dipamerkan produk unggulan wastra (kain batik), kriya dan kuliner lokal maupun nasional, pameran produk dan investasi perusahaan lokal, nasional dan internasional.

Ada pula pameran tempat unggulan wisata dari dinas pariwisata di kabupaten/kota se- Kaltim, keunggulan SMK se-Samarinda yang berkaitan dengan pariwisata, perusahaan digital terkait softwear house dan games, pameran kafe dan restoran.

Berbagai lomba juga digelar selama festival berlangsung. Seperti lomba TikTok dan fotografi, lomba permainan tradisional, kemudian akan diumumkan gerai pameran kategori organisasi perangkat daerah terbaik, kategori ekraf terbaik, dan kategori gerai perusahaan swasta terbaik.

Kaltim Fest 2023 juga dimeriahkan sejumlah kegiatan. Seperti Festival Kemilau, Kaltim Dance, Festival Musik Kreasi Daerah, Festival Kreasi Daerah Pesisir dan Pedalaman, Parade Busana Pengantin Daerah dan pawai budaya dari kabupaten maupun kota. []

Penulis: Yulia Fatmawati Fauziah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com