Promosikan Kuliner, Kalteng Raih Juara 1 APPI 2023

Malam puncak Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) yang digelar (Menparekraf/Kabaparekraf) di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta Pusat, Senin (17/07/2023) malam.

 

JAKARTA – PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menorehkan prestasi dengan menyabet juara 1 Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 Kategori Provinsi untuk bulan Juni 2023.

Penghargaan berupa piala dan piagam tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno kepada Wakil Gubernur Edy Pratowo pada malam puncak APPI di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta Pusat, Senin (17/07/2023) malam.

Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) Indonesia. Kegiatan yang diperlombakan adalah lomba video kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) antar Dinas Pariwisata Daerah se-Indonesia.

Kegiatan dilaksanakan selama empat bulan dan diikuti oleh 38 Dinas Pariwisata Provinsi dan 514 Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota di Indonesia. Lomba menghasilkan pemenang bulanan dari bulan Maret, April, Mei, dan Juni, masing-masing 5 pemenang tiap bulannya.

Adapun Pemenang untuk kategori Provinsi juga diterima oleh sembilan Provinsi lainnya yakni Provinsi Bali, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Maluku, Riau, dan Sumatra Barat.

Turut hadir mendampingi Wagub Edy Pratowo dalam penyerahan penghargaan malam tersebut, antara lain Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Rusita Murniasi beserta jajaran.

Wakil Gubernur Edy Pratowo menerima penghargaan berupa piala dan piagam yang diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno pada malam puncak APPI di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta Pusat, Senin (17/07/2023) malam.

Sebelum menyerahkan penghargaan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi partisipasi aktif dan antusiasme pemerintah daerah (pemda) seluruh Indonesia dalam program Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) yang merupakan kegiatan lomba video kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Sandiaga Uno dalam malam puncak “APPI 2023” berharap lomba pembuatan video promosi pariwisata ini dapat menyumbang pergerakan wisatawan nusantara yang tahun ini ditargetkan sebanyak 1,2 hingga 1,4 miliar pergerakan.

“Saya mengapresiasi dan sangat menghargai kreativitas pemerintah daerah dalam mempromosikan destinasi wisatanya. Terutama desa-desa wisata, event daerah, seni dan budaya yang sangat beragam serta kuliner-kuliner yang sangat menarik,” katanya.

Dalam program yang berlangsung pada Maret-Juni 2023 ini, pemerintah daerah se-Indonesia disyaratkan mengirimkan video berdurasi 1 menit yang mempromosikan destinasi wisata juga ekonomi kreatif masing-masing daerah. Setiap bulannya terdapat tantangan yang diberikan kepada seluruh dinas untuk dapat membuat video dengan berbagi tema mulai dari destinasi wisata, event daerah, seni dan budaya, serta kuliner.

Pariwisata dan ekonomi kreatif memang menjadi salah satu sektor unggulan yang diharapkan dapat menopang kebangkitan ekonomi nasional. Industri pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki kemampuan enam kali lebih cepat dalam penciptaan lapangan kerja dibanding sektor-sektor lainnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menjelaskan selama empat bulan penyelenggaraan APPI berhasil terkumpul 1.348 video dan telah disaksikan lebih dari 1,5 juta penonton. Adapun tema video yang ditampilkan adalah destinasi wisata (Maret), event daerah (April), seni dan budaya (Mei), serta kuliner (Juni).

“Ini artinya minat atau atensi masyarakat Indonesia terhadap destinasi pariwisata lokal sebenarnya luar biasa dan ini menginspirasi kita sehingga kita bisa meningkatkan lagi gerakan bangga berwisata di #IndonesiaAja,” kata Made. []

Penulis/Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com