“Welcome Drink” Ala Samarinda Untuk Tamu Hotel

SAMARINDA – Pemerintah Kota Samarinda berinovasi memberikan ciri khas minuman melalui hidangan bernama Welcome Drink untuk pengunjung hotel di Samarinda. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda, Nurrahmani mengungkapkan, minuman itu bisa didapat dengan cara diperlombakan.

“Bahannya bisa berbahan dasar lokal dari Samarinda yang mudah didapat. Nanti bisa dilombakan, kemudian nanti yang menang menjadi hak paten kita,” ungkapnya ketika ditemui di Kantor DPRD Samarinda, Kamis (20/07/23).

Nantinya, minuman terpilih diharapkan yang dapat disajikan baik secara dingin maupun panas. Sehingga, ketika orang meminumnya pengunjung mengetahui bahwa itu hanya tersedia di Samarinda.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda, Nurrahmani

Sebenarnya tak hanya minuman, pihaknya juga ingin hotel menyediakan paket gratis minuman, makanan, dan sovenir khas Samarinda. Untuk makanan, dalam setiap kemasannya dapat diselipkan kartu nama UMKM yang menjual makanan tersebut.

“Mereka pasti bilang ini enak nih, aku mau beli. Jadi mereka langsung hubungi ke kontak yang dicantumkan,” ujarnya.

Sedangkan untuk sovenir, Yama juga ingin Samarinda memiliki souvenir sendiri. Untuk yang satu ini, pihaknya bahkan sudah menghubungi sejumlah pengrajin. Salah satu sovenir yang diminta, yaitu hiasan kulkas. Misalnya hiasan kulkas yang bergambarkan Jembatan Mahakam. Namun ia tidak ingin sekedar kriya biasa yang terbuat dari plastik.

“Nah ini kan bisa jadi bukti kalau mereka benar-benar pernah mengunjungi Samarinda,” terangnya.

Rencana ketiganya itu akan diberikan secara gratis. Karena sudah termasuk kedalam biaya kamar hotel. Sehingga menjadi satu kesatuan yang berlangsung terus untuk melengkapi fasilitas hunian hotel.

Hal itu sekaligus dapat menjadi sebuah ajang promosi bagi UMKM lokal. Apalagi, saat ini akan hadir IKN di Kalimantan Timur. Secara otomatis, Samarinda sebagai kota penyangga juga akan kedatangan banyak pengunjung. []

Penulis: Hernanda Salsabilla | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com