Kegiatan Gema Bangsa yang digelar SMP Islamic Center (IC) Samarinda di Komplek Masjid Baitul Muttaqim Jalan Slamet Riyadi Samarinda, Jumat (21/07/2023).

SMP IC Samarinda Gelar Peringatan 1 Muhharam 1445 H dan Launcihng Gema Bangsa

SAMARINDA – PERINGATAN 1 Muhharam 1445 Hijriyah (H) dan launcihng kegiatan Gema Bangsa kembali digelar oleh Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islamic Center (IC) Samarinda yang terletak di Komplek Masjid Baitul Muttaqim Jalan Slamet Riyadi No 1, Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda, Jumat (21/07/2023).

Peringatan 1 Muhharam 1445 H yang sering disebut sebagai tahun baru Islam ini, mengambil tema “Melalui momentum 1 Muharram 1445 H hijrahkan diri perkuat iman” dihadiri oleh 133 siswa dari seluruh kelas yang ada di SMP IC Samarinda.

Kepala SMP IC Samarinda, Muhammad Rizal mengatakan, peringatan tahun baru Islam kali ini digabung dengan meluncurkan program gema bangsa. Kegiatan tersebut berisikan tentang diskusi untuk menguatkan karakter kebangsaan dan agama yang akan dilaksanakan setiap hari Jumat. Adapun materi diskusinya, diambil dari topik yang sedang berkembang di lingkungan sekolah maupun luar lingkungan sekolah dan berbeda setiap jumatnya.

“Program ini memang kita buat karena ada beberapa poin tidak didapat dalam mata pelajaran, sehingga penguatan karakter kebangsaan dan agama ini perlu kita buat program khusus yakni gema bangsa. Dilaksanakan setiap hari Jumat selama 45 menit yang berisi tentang diskusi yang nanti sudah kita pilih muatan materinya, dan materinya setiap jumat tidak sama,” kata pria asal Muara Badak ini.

Dalam kesempatan ini, Ustadz Rizal sapaan akrabnya berharap siswa dan siswi SMP IC Samarinda memahami inti dari peringatan Tahun Baru Islam dan program gema bangsa harus diikuti setiap hari Jumat.

“Kita berharap anak-anak betul-betul memahami esensi dari pergantian tahun dalam Islam dan mereka memahami sejarahnya dulu sehingga bisa mengambil nilai yang pernah terjadi dimasa lalu untuk mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan untuk launcihing gema bangsa kita berharap anak-anak bisa mengikuti dengan utuh program gema bangsa ini,” paparnya. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com