Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran secara resmi membuka pelaksanaan Porprov XII di Stadion 29 November Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (26/7/2023) malam.

Buka Porprov XII Kalteng, Gubernur Harap Lahir Atlet Berbakat

KOTAWARINGIN TIMUR – PEKAN Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2023 resmi dimulai. Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran secara resmi membuka pelaksanaan Porprov XII di Stadion 29 November Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (26/7/2023) malam.

Turut hadir mendampingi gubernur dalam pembukaan itu Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Ketua I TP PKK Provinsi Kalteng Bidang Pembina Karakter Keluarga Nunu Andriani Edy Pratowo, Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyanto, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin dan istri Anitha Nuryakin, Bupati/ Wali Kota se-Kalteng dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran

Dihadapan atlet-atlet terbaik dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng, Gubernur Sugianto Sabran berharap ajang Porprov tahun ini dapat kembali menggairahkan semangat berolahraga, serta meningkatkan pengalaman bertanding dan prestasi atlet di Provinsi Kalteng.

Menurut gubernur, Porprov merupakan ajang yang bergengsi, karena menjadi jalan menuju pra Pekan Olahraga Nasional (PON). Di mana apabila lolos nantinya, para atlet akan mendapatkan tiket untuk berlaga di PON.

“Kita semua tentu sangat berharap, melalui Porprov ini, akan lahir atlet-atlet berbakat yang mampu mengharumkan nama Kalimantan Tengah lewat prestasi gemilang di kancah Nasional seperti PON dan bahkan internasional,” katanya.

Ia meminta agar Porprov ini hendaknya menjadi momentum kebangkitan prestasi olahraga Kalteng. Serta meminta agar stakeholders keolahragaan bahu-membahu mengembangkan pembinaan atlet sejak dini dan berkelanjutan.

Ia berharap agar event Porprov ini dapat sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat, seperti pedagang kecil dan UKM, serta mempromosikan tempat wisata serta kuliner khas di Kotawaringin Timur.

“Kepada seluruh atlet, saya ucapkan selamat bertanding. Kerahkan kemampuan terbaik untuk meraih prestasi tertinggi. Kemudian, saya mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh panitia, ofisial, wasit, dan juri Porprov. Pesan saya, junjung selalu semangat dan nilai-nilai sportivitas,” tuturnya.

Hal senada turut disampaikan Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo. Ia berharap kedepannya bukan hanya sukses prestasi sebagai peserta saja tetapi sukses sebagai penyelenggara PON tingkat Nasional. “Entah tahun berapa ke berapa, ketika kena giliran Kalimantan Tengah itu sebuah peluang,” ungkap Edy.

“Bapak Gubernur ingin menjadikan Porprov ini sebagai uji seleksi menghadapi Pra PON, jadi kita akan terus menilai atlet-atlet yang punya prestasi di Porprov ini yang tentunya akan selalu di bina,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor dalam laporannya menyampaikan Porprov XII Kalteng yang berlangsung pada tanggal 26 Juli sampai dengan 5 Agustus 2023 akan mempertandingkan 29 cabang olahraga.

Peserta Porprov XII Kalteng tahun 2023 terdiri dari atlet 29 cabang olahraga berasal dari 14 kabupaten/ kota berjumlah 4.619 orang, official dari 29 cabang olahraga berasal dari 14 kabupaten/ kota berjumlah 1.303 orang, panitia pelaksanaan, wasit, juri pendukung cabang olahraga berjumlah 978 orang dan panitia Porprov XII Kalteng tahun 2023 berjumlah 113 orang dengan jumlah total sebanyak 7.013 orang.

“Pelaksanaan Porprov melibatkan tenaga kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Basarnas dan Tenaga Medis. Sebagai informasi, ada 28 cabang olahraga yang akan diperlombakan dan 1 cabor eksebisi sehingga totalnya 29 cabang olahraga,” tutupnya. []

Penulis/Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com