Disdikbud Bakal Rehabilitasi dan Renovasi 300 Sekolah di Kaltim

SAMARINDA – DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan menyelesaikan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dalam rehabilitasi dan renovasi sekolah di Kaltim.

Sebanyak 300 sekolah di 10 kabupaten/kota di wilayah Kaltim, menjadi target utama Disdikbud Kaltim dalam penyelesaian rehabilitasi dan renovasi. Demikian disampaikan Kepala Disdikbud Kaltim Muhammad Kurniawan, saat ditemui beritaborneo.com di Samarinda, Rabu (30/08/2023).

“Ada sekitar 300 lebih RKPD kita, dan kita akan selesaikan secara bertahap,” ucap Muhammad Kurniawan.

Kurniawan mengatakan, rehabilitasi dan renovasi ratusan sekolah tersebut akan memperhatikan kondisi kerusakan bangunan maupun sarana dan prasarananya.

“Kita lihat usulan SMA/SMK yang memang sangat genting. Seperti bangunan yang kurang layak dan membahayakan siswa, kami akan lakukan percepatan rehabilitasi dan renovasinya,” ucapnya.

Terkait penyelesaian RKPD, Kurniawan mengatakan akan berproses karena pelaksanaannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Menurut dia, butuh waktu beberapa tahun ke depan, agar instansi pendidikan di wilayah Kaltim perlahan membaik dan berdampak pada pendidikan itu sendiri.

“Rehabilitasi dan renovasi sudah berjalan mulai 2023, tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Kami akan selesaikan secara bertahap,” jelasnya.

Disamping itu, Kurniawan berharap agar sarana prasarana sekolah di Kalimantan Timur perlahan bisa lebih baik kedepannya. Hal ini sebagai kenyamanan bagi peserta didik di sekolah dalam proses pembelajaran.

“Saya harap, RKPD kita akan selesai di beberapa tahun ke depan. Dan juga sapras pendidikan di kaltim ini bisa terus membaik, agar peserta didik nyaman juga di sekolah,” tutup Kurniawan. []

Penulis: Hernanda | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com