Kesbangpol Kaltim Harapkan Peran Ormas Dalam Pemilu 2024

SAMARINDA – PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kaltim di Ballroom Crystal 2 Hotel Mercure Samarinda, Rabu (30/08/2023).

Saat menyampaikan sambutan kegiatan Rakor, Kepala Badan Kesbangpol Kaltim, H Sufian Agus menyampaikan, sebagai penyalur aspirasi dan pemberdayaan masyarakat, serta pemenuhan layanan sosial, Kesbangpol Kaltim akan terus memelihara dan menjaga partisipasi kesatuan bangsa sekaligus menjadi poros masyarakat dalam mensukeskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dalam kesempatan ini, Kesbangpol mendukung Organisasi Masyarakat (Ormas) untuk jadi lembaga mandiri dan independen dengan tetap berpedoman pada aturan undang-undang yang berlaku.

“Kami berharap dari kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan pada ormas tentang perannya dalam pelaksanaan pemilu serentak 2024,” ujar H Sufian Agus dalam sambutannya.

Dalam laporannya selaku panitia, Sufian Agus juga menyampaikan mengenai jumlah ormas yang aktif dan terdaftar di Kesbangpol Kaltim. Ada sebanyak 927 ormas se-kabupaten kota terdiri dari 79 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), 433 ormas lembaga, 49 ormas profesi, 99 paguyuban, 73 ormas keagamaan, 78 ormas kepemudaan, 109 yayasan dan 67 perkumpulan.

Rakor Forkopimda Kaltim dibuka langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor dan dihadiri 350 peserta. Mereka datang dari seluruh unsur pokok pimpinan daerah Kaltim, pimpinan DPRD Kaltim, bupati dan walikota se-Kaltim, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Kaltim serta organisasi massa, keagamaan, kepemudaan dan paguyuban di Kaltim. []

Penulis: Hernanda | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com