Kepala Desa Asal Kukar Usul Bangun Jalan Kota Bangun – Kenohon – Muara Wis

PARLEMENTARIA KALTIM – KOMISI III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR Pera) Kaltim dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim di Ruang Rapat Gedung E Kantor DPRD Kaltim Jalan Teuku Umar, Karang Paci, Samarinda, Kamis (31/08/2023).

Rapat dipimpin Ketua Komisi III Veridiana Huraq Wang didampingi anggota Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin, serta seorang staf ahli dan dua orang staf Komisi III. Pihak yang mengajukan RDP yakni sejumlah kepala desa dari Kecamatan Kota Bangun, Kecamatan Muara Wis dan Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

RDP kali ini dilaksanakan dalam rangka usulan pembangunan jalan dari Kota Bangun menuju Kenohan sampai Muara Wis. Pembangunan jalan itu akan melalui sekitar sembilan desa, sehingga desa tersebut tidak terisolir lagi.

“Mereka memperjuangkan jalan dari Kota Bangun ke Kenohan sampai Muara Wis karena belum ada jalan menuju desa mereka. Ada sembilan desa, jadi mereka menyuarakan supaya ada jalur jalan agar desa mereka tidak terisolir,” kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini.

Kepada juru warta, Veri sapaan akrabnya menjelaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim tidak dapat mengerjakan usulan tersebut karena status jalan milik Kabupaten Kukar. “Pemerintah provinsi tidak bisa mengerjakan atau membangun jalan ini, tetapi bisa melalui Bankeu (Bantuan Keuangan, red). Jadi mereka mengusulkan ke provinsi melalui Bappeda Kutai Kartanegara nanti pemerintah provinsi yang membantu anggarannya,” jelasnya.

“Kami sarankan untuk ke Pemkab (Pemerintah Kabupaten, red) Kukar supaya dari Pemkab Kukar itu menerima aspirasi mereka dan memasukkan usulan itu ke Pemprov Kaltim,” tutup anggota legislatif kelahiran Muara Muntai 09 Februari 1966 ini. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com