Program Baznas Peduli Rangkul Eks Pengguna Napza dan Napi untuk Berusaha

SAMARINDA – BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Samarinda melalui Program Baznas Peduli berupaya memberikan permodalan dan bimbingan berusaha bagi masyarakat kurang mampu di Kota Samarinda dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan.

Wakil Ketua I Baznas Kota Samarinda Ahmad Syahrir menjelaskan upaya peningkatan taraf kehidupan masyarakat yang dilakukan Baznas dilaksanakan melalui sejumlah program. Diantaranya program Baznas Peduli dan Baznas Cerdas.

Program Baznas Peduli, terang dia, adalah program pendayagunaan melalui bimbingan berusaha bagi eks pengguna Napza (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, baik alami atau sintetis), eks narapidana dan lainnya. Mereka diberikan bantuan permodalan, peralatan berusaha dan pelatihan keterampilan dalam berusaha. Termasuk juga bimbingan pemasarannya, baik secara langsung ataupun melalui media sosial.

“Mereka diberikan bantuan pendayagunaan sesuai dengan keahliannya masing-masing,” kata Ahmad Syahrir di sela-sela kegiatan Bimbingan Sosial untuk Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), yang dilaksanakan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (DSPM) Kota Samarinda, di Hotel Grand Sawit, Samarinda, Selasa (26/9/2023).

Dengan program Baznas Peduli ini, dia berharap para eks pengguna Napza dan eks Napi dapat memiliki usaha sendiri yang baik, sehingga dapat meningkatkan perekonomiannya.

Ahmad Syahrir juga menjelaskan, siapa saja dapat mengajukan permohonan bantuan kepada Baznas Samarinda. Sementara untuk program Baznas Peduli, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan survei ke tempat pemohon.

“Apakah usaha yang akan dilakukan itu adalah usahanya sendiri atau milik orang lain. Karena salah satu syarat dalam program Baznas Peduli adalah usaha sendiri dan masih dalam skala usaha mikro,” ujarnya.

“Sedangkan bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti Program Baznas Peduli dapat langsung datang ke Mall Pelayanan Publik, lantai 2, di Stand 24, Jl. Pahlawan, Samarinda,”, demikian pungkas Ahmad Syahrir. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com