Kesultanan Kutai Gelar Adat Beseprah Festival Erau 2023

KUTAI KARTANEGARA – RATUSAN masyarakat antusias mengikuti Adat Beseprah atau makan bersama Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Kegiatan Beseprah digelar di sepanjang jalan depan Museum Mulawarman, Jalan Diponogoro, Tenggarong, Selasa (26/09/2023) lalu.

Adat Beseprah selalu menjadi momentum yang ditunggu-tunggu masyarakat dalam perayaan Festival Erau. Adat yang menjunjung kesetaraan, baik seluruh Keluarga Kesultanan, pejabat pemerintah maupun masyarakat itu menjadi kesempatan bagi warga untuk bercengkrama tanpa memandang status sosial. Sembari menyantap hidangan makanan yang tersedia di atas hamparan terpal dan karpet.

Acara dihadiri langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Adji Muhammad Arifin beserta kerabat kesultanan. Hadir pula Bupati Kukar Edi Damansyah bersama jajaran pejabat OPD Pemkab Kukar.

Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Adji Muhammad Arifin melalui Pangeran Notonegoro menyampaikan, Beseprah menandai bahwa Sultan sebagai pemimpin tertinggi, turun menemui rakyatnya. Berbaur makan bersama dan bersukacita sembari mendengarkan keluh kesah, aspirasi dan masukan dari rakyat terkait kondisi masyarakat di wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Matradipura.

Sementara Bupati Kukar Edi Damansyah pun mengucapkan rasa syukur dan berterimakasih kepada semua pihak yang berpartisipasi. Sebagaimana esensi Beseprah itu sendiri, Sultan menjamu rakyatnya dengan makan bersama-sama dan momentum untuk saling menguatkan serta bersilaturahmi.

“Sekaligus menunjukkan dan memberikan edukasi terkait kebudayaan ke generasi muda untuk terus menjaga tradisi dan budaya di tengah situasi dan kondisi global digitalisasi. Saya berharap budaya ini bisa terjaga dengan baik di tanah Kukar ini,” tutupnya. []

Penulis : Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com