Sambut Bulan Literasi dan HUT ke-22, GPMB Samarinda Terus Gelorakan Semangat Membaca

SAMARINDA – KONTEN media audio visual (media sosial) kian menggeser peranan buku, baik itu buku konvensional maupun buku buku digital. Akibatnya, minat membaca buku di masyarakat pun menurun.

Hal inilah yang mengundang keprihatinan Wakil Wali Kota Samarinda sekaligus Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kota Samarinda Rusmadi Wongso. Padahal kata dia, membaca adalah jendela dunia.

“Membaca itu jendela dunia, tanpa membaca tidak mungkin kita memiliki pengetahuan. Karena bicara bangsa ke depan, itu bicara soal pengetahuan,” jelas Rusmadi Wongso saat ditemui beritaborneo.com di sela-sela kunjungan ke SMP Negeri 35 Samarinda, Selasa (3/10/2023).

Sebagai Ketua GPMB Samarinda, Rusmadi kemudian menjelaskan bahwa bulan Oktober ini sebagai Bulan Literasi. Hal ini karena tanggal 25 Oktober 2023 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) GPMB ke-22 tahun.

Berkaitan dengan bulan literasi tersebut, GPMB Kota Samarinda mengagendakan serangkaian kegiatan. Pertama diskusi Bedah Buku “Perang di Samarinda : Sejarah Perjuangan Indonesia di Ibu Kota Kalimantan Timur 1945 – 1949”, yang ditulis oleh Muhammad Sarip, seorang penulis sejarah dan Pembina GPMB Kota Samarinda. Bedah buku dilaksanakan pada 4 Oktober 2023 di Aula Perpustakaan Kota Samarinda Jl. Kusuma Bangsa.

Selanjutnya, GPMB secara maraton juga akan mengunjungi sekolah-sekolah di Kota Samarinda dengan agenda mengikuti upacara di sekolah tersebut. Dalam upacara itu, pengurus GPMB Samarinda akan menjadi pembina upacara dengan tema arahan Memasyarakatkan Minat Baca.

Kegiatan kunjungan sekolah ini akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 9 Oktober 2023 di SMPN 2 Samarinda, Senin tanggal 16 Oktober di MAN 2 Samarinda dan yang terakhir adalah di SMPN 35 Samarinda pada hari Jum’at tanggal 27 Oktober 2023.

Agenda kegiatan ketiga adalah pelatihan untuk penggiat Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan komunitas literasi pada hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2023. Kemudian yang terakhir adalah lomba bertutur yang finalnya akan dilaksanakan di Puncak Peringatan HUT GPMB pada tanggal 25 Oktober 2023.

“Dengan Bulan Literasi dan HUT GPMB ke 22, mari gelorakan terus semangat membaca,” tutup Rusmadi Wingso. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com