Atlet Kempo Kukar Siap Berlaga Pada Kejuaraan Dunia di Jepang

KUTAI KARTANEGARA – SEKRETARIS Kabupaten (Sekkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono melepas 33 atlet Shironji Kempo Kukar yang akan berlaga dalam kejuaraan Shironji Kempo International Study Session di Tokyo, Jepang. Pelepasan atlet Kempo Kukar ini berlangsung di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, Selasa (3/10/2023).

Ketua Umum Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Kukar Ahmad Zulfiansyah mengatakan atlet yang akan berlaga telah lolos kualifikasi PON serta pada cabang junior telah meraih peringkat kedua pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023.

Dirinya menyampaikan dalam mengikuti kejuaraan internasional ini, telah melakukan persiapan yang panjang sekitar 6-8 bulan dari pertandingan sebelumnya. Pihaknya pun menargetkan bisa merebut juara di semua kategori.

“Minimal mendapat perak atau perunggu. Namun pada kategori junior, kita lebih optimis bisa meraih emas. Terlebih berdasarkan pengalaman, untuk  junior lebih banyak peluang dan lebih unggul. Pesaing terberat kita hanya atlet asal Jepang,” papar Zulfiansyah.

Diungkapkannya, dalam kejuaraan internasional tersebut Tim Shorinji Kempo Kukar juga akan membawa misi mengenalkan budaya yang ada di Kutai Kartanegara. Di mana para atlet nanti akan tampil di hadapan para peserta dengan membawakan tarian khas Kutai dan Dayak.

Sementara Sekkab Kukar Sunggono menyampaikan rasa bangga kepada para atlet Shironji Kempo yang akan berlaga di kejuaran dunia dengan membawa nama Kukar ke kancah internasional.

Dirinya berharap kepada para atlet dapat membawa nama Kukar dengan baik sekaligus mensosialisasikan kebudayaan Kukar di hadapan negara-negara yang ikut serta. “Kami, pemerintah daerah sangat bangga ada atlet dari Kukar yang bisa mewakili kejuaraan dunia di Jepang,” ucapnya.

Sunggono kembali menyampaikan dengan mengikuti kompetisi bergensi ini dapat menumbuhkan semangat baru bagi seluruh elemen masyarakat, menunjukkan atlet kempo kukar dapat berprestasi serta memberikan yang terbaik bagi kukar, khususnya Indonesia.

“Untuk para atlet, hasil menang atau kalah merupakan hal biasa, terpenting bisa mendapat ilmu dan persaudaraan satu sama lain, serta para atlet selalu menjaga kesehatan, stamina, dan terus fokus untuk meraih prestasi” tutupnya. []

Penulis : Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com