Pasangan Ganjar – Mahfud Resmi Mendaftar ke KPU

JAKARTA – PASANGAN Bakal Calon Presiden (Bacapres) dan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) Februari 2024 mendatang.

Ganjar-Mahfud tiba di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, sekitar pukul 12.30 WIB, Kamis (19/10/2023). Keduanya bertolak dari Tugu Proklamasi sebelum tiba di KPU. Sementara para Ketua Umum (Ketum) partai berkumpul di rumah Ketum PDIP Megawati.

Setiba di KPU, Ganjar-Mahfud diantar para ketua umum partai politik pendukungnya dalam pendaftaran hari ini. Mereka antara lain Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Plt Ketum PPP Mardiono, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Selain itu para petinggi partai pendukung, pimpinan Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden, hingga para relawan juga mengawal pendaftaran Ganjar-Mahfud.

Keduanya langsung masuk ke dalam ruang transit VIP dan melakukan pengisian buku pendaftaran. Kedatangan Ganjar dan Mahfud disambut dan dikalungi selempang kain oleh Sekretaris Jenderal KPU RI, Bernard Dermawan.

 

Usai menyerahkan berkas pendaftaran, Ketua Umum DPP PDIP Megawati mengatakan, pihaknya telah mengunggah seluruh dokumen persyaratan pengusungan capres-cawapres ke aplikasi Silon KPU.

Dokumen fisiknya juga dibawa dalam proses pendaftaran kali ini. “Kami percayakan kepada KPU untuk melakukan verifikasi untuk seluruh dokumen-dokumen tersebut,” kata Megawati.

Kemudian, Megawati menyerahkan dokumen fisik syarat pendaftaran pasangan Ganjar-Mahfud sebagai capres-cawapres Pilpres 2024 kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari. Ganjar dan Mahfud lalu menyerahkan dokumen visi-misi tertulis dan barcode dokumen digitalnya kepada Hasyim.

Sementara Ganjar menyatakan harapannya agar dirinya dan Mahfud bisa lolos menjadi peserta Pilpres 2024 agar bisa mewujudkan visi untuk membawa Indonesia menjadi lebih maju. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini pun berharap KPU juga bisa menjadi penyelenggara pemilu yang jujur, adil, dan tidak berpihak

“Mudah-mudahan KPU akan menjadi wasit yang insya Allah pasti paling netral, pasti paling bisa memberikan layanan terbaik, dan kita persembahkan untuk kemajuan bangsa dan negara,” ujar Ganjar.

 

Ganjar-Mahfud menjadi pasangan capres-cawapres kedua yang mendaftarkan jadi peserta Pilpres 2024 setelah sebelumnya pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (Amin) sudah mendaftar terlebih dahulu. KPU sendiri membuka pendaftaran capres-cawapres Pilpres 2024 pada 19 Oktober dan ditutup pada 25 Oktober 2023. []

Penulis | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com