Sambut Sumpah Pemuda 2023, Dispora Gelar Lomba Gerak Jalan

KUTAI KARTANEGARA – KEPALA Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Aji Ali Husni melepas peserta lomba gerak jalan tingkat pendidikan dan umum, di halaman Museum Mulawarman Jalan Dipenogoro, Tenggarong, Rabu (25/10/2023).

Sebelum melepas peserta, Kadispora Aji Ali Husni mengatakan lomba gerak jalan merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional dan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tanggal 28 Oktober 2023.

Dikatakannya, lomba gerak jalan yang biasanya rutin digelar Dispora Kukar, sebelumnya sempat dihentikan selama dua tahun akibat pandemi COVID-19. Namun, Aji Ali memastikan bahwa lomba ini akan dilanjutkan dan berlangsung selama dua hari.

“Lomba gerak jalan untuk tahun 2023 ini diikuti sebanyak 175 regu pelajar dan umum dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara,” ujarnya.

Adapun waktu pelaksanaan lomba dimulai tanggal 25 Oktober 2023 untuk tingkat SD sampai dengan SMP. Kemudian tanggal 26 Oktober 2023 untuk tingkat SMA/SMK/MA dan tingkat umum. Pemenang lomba akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dengan total Rp 296 juta serta piagam.

Dia berharap, dengan digelarnya kegiatan tersebut dapat membantu menumbuhkan jiwa patriotisme, nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan peserta. Selain itu, lomba gerak jalan ini juga menjadi kesempatan untuk mengenang kembali arti penting dari Sumpah Pemuda.

“Semoga lomba gerak jalan ini dapat memupuk semangat patriotisme dan kebangsaan serta mengingatkan kita kembali pada makna penting dari Sumpah Pemuda yang telah menyatukan kita hingga saat ini,” tutupnya. []

Penulis : Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com