Sapto Minta Tidak Sebarkan Hoax dan Hindari SARA

PARLEMENTARIA KALTIM – AJAKAN untuk tidak menyebarkan berita hoax, sentimen suku, ras, agama dan antargolongan (SARA) serta menghindari politik identitas kembali diserukan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sapto Setyo Pramono.

“Hindari dan jaga agar tidak menyebarkan berita hoax, SARA, politik identitas, dan hal-hal lain yang dapat menimbulkan konflik. Persatuan dan keharmonisan sesuatu yang patut dijaga,” ungkap Sapto.

Hal itu dia sampaikan kepada awak media usai menghadiri kegiatan Jaga Keutuhan NKRI dirangkai dengan peringatan Hari Santri dan Sumpah Pemuda yang diselenggarakan Gerakan Pemuda (GP) Ansor Provinsi Kaltim di Kampus Melati, Jalan HAM Rifaddin, Harapan Baru, Loa Janan, Samarinda, Rabu (25/10/2023).

Acara yang dilaksanakan dengan mengusung tema “Tolak Isu Hoax, Sara, Ujaran Kebencian, dan Politik Identitas Pada Pemilu 2024” itu diisi dengan kegiatan ceramah agama, pembacaan puisi, pembacaan ayat suci Al Quran serta pembacaan deklarasi pelajar dan mahasiswa Kaltim.

Lanjut dia mengajak seluruh pihak,termasuk organisasi keagamaan, kepemudaan, serta lainnya untuk lebih banyak membuat program kerja berkaitan dengan pemberian pemahaman dan pembekalan kepada masyarakat terutama generasi muda.

Program tersebut kata dia, tentu berkaitan dengan menghargai perbedaan, gotongroyong, dan penguatan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Sehingga benteng dalam diri semakin kokoh tidak mudah goyah dari terpaan ujian yang dapat memecah belah,” katanya.

Ia juga mengajak masyarakat agar lebih mawas diri dan jangan mudah terhasut oleh informasi atau ajakan yang dapat mencederai persatuan bangsa. Untuk itu warga Kaltim harus menjaga keharmonisan antar sesama.

“Keragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan hal yang patut untuk kita syukuri bersama. Walaupun begitu, pasti akan ada cobaan yang menguji keharmonisan hubungan antar sesama, di sinilah peran kita apapun latar belakangnya untuk berpegang teguh pada persatuan NKRI,” jelasnya.

Sapto juga memberikan apresiasi kepada GP Ansor dan Nahdlatul Ulama (NU) karena sejak berdirinya organisasi tersebut banyak memberikan kontribusi dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebab itu pihaknya berharap kegiatan positif ini memberikan inspirasi bagi lainnya. []

Penulis : Guntur Riyadi SP | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com