Samsun : Hidup Tanpa Petualangan Akan Membosankan

PARLEMENTARIA KALTIM – ANGGOTA Praja Muda Karana (Pramuka) dapat mengembangkan rasa cinta dan rasa tanggung jawab terhadap alam serta belajar tentang keberlanjutan dan pelestarian lingkungan. Pramuka juga salah satu wadah bagi generasi muda untuk menemukan petualangan dan mengembangkan kemampuan hidup.

Demikian hal itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun saat menghadiri pembukaan Lomba Lintas Alam Gugus Depan Universitas Mulawaman (LLAGUM) 2023, di GOR 27 September, Universitas Mulawarman, Samarinda, Rabu (25/10/2023).

“Saya mengutip perkataan Baden Powell, pendiri Gerakan Pramuka, bahwa hidup tanpa petualangan akan membawa kebosanan. Ya, di Pramuka kita bisa menemukan petualangan kita, mengasah kemampuan hidup, menempa fisik dan mental,” ungkap Samsun.

Dia juga menyebutkan bahwa Pramuka juga menawarkan pengalaman pendidikan di luar lingkungan sekolah formal. Dalam kegiatan Pramuka katanya, anak-anak dan remaja diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan karakter melalui berbagai kegiatan alam bebas, pelatihan, dan pengabdian masyarakat.

“Pramuka membentuk karakter yang kuat. Melalui kegiatan pramuka, seperti perkemahan, pertukaran kebudayaan, dan pelatihan kepemimpinan, anggota pramuka dipacu untuk mengembangkan sikap disiplin, keberanian, tanggung jawab, kejujuran, kerjasama, dan rasa hormat terhadap diri sendiri, sesama, dan lingkungan,” jelasnya.

Wakil Ketua Komisi Perencanaan dan Pengembangan Kwartir Daerah (Kwarda) Kaltim ini juga menyebutkan bahwa pramuka memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda dan memperluas lingkungan sosial mereka.

Dalam kegiatan kelompok, anggota pramuka belajar bekerja sama, berkomunikasi dengan efektif, menghargai perbedaan, dan membangun hubungan komunikasi antar pribadi yang baik.

“Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial yang penting untuk kehidupan sehari-hari dan masa depan,” kata penerima Lencana Pancawarsa I pada Agustus 2023 lalu itu.

Diketahui, kegiatan LLAGUM merupakan salah satu kegiatan Pramuka bergengsi tingkat Penegak di Kalimantan Timur yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Mulawarman (Unmul).

LLAGUM 2023 dengan tema “Bersinergi Tanpa Batas, Menciptakan Pramuka yang Kreatif dan Inovatif” yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Lambang Subagyo yang mewakili Rektor Unmul itu diikuti 215 peserta dari 7 kabupaten-kota di Kaltim.

Kegiatan yang dipusatkan di GOR 27 September, Universitas Mulawarman, Samarinda itu memperlombakan sejumlah kategori. Diantaranya Perlombaan Lintas Alam, Teknologi Tepat Guna, Miniatur Pioneering, Rangking 1, Poster, String Art, Film Pendek dan E-Sport.

Samsun mengapresiasi kegiatan ini dan berharap Lomba Lintas Alam Gudep Unmul ke XXV dapat menjadi ajang untuk meningkatkan semangat pramuka di Kalimantan Timur.

“Semoga lomba ini dapat menjadi momentum untuk mempererat persaudaraan antara sesama anggota Pramuka dan meningkatkan kualitas diri masing-masing. Selamat berlomba dan semoga sukses,” tutupnya. []

Penulis : Guntur Riyadi SP | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com