TPPS Gelar Lokakarya Dalam Percepatan Penanganan Stunting di Kukar

KUTAI KARTANEGARA – TIM Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar lokakarya dalam mempercepat penurunan angka stunting di Kukar di Aula Rapat Kantor Bappeda Kukar, Tenggarong, Kamis (26/10/2023).

Kegiatan lokakarya dihadiri oleh Yayasan Cipta Tanoto Foundation, seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan Non-OPD, serta berbagai pihak yang terlibat dalam menangani stunting.

Dikatakan Sekretaris TPPS Kukar Sri Lindawati, dalam rangka percepatan penurunan stunting telah ditetapkan Pilar Strategi Nasional Pencegahan Stunting, yaitu pertama peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan lembaga, kedua peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat.

“Kemudian peningkatan konvergensi gizi spesifik dan sensitif di lembaga, serta keempat peningkatan ketahanan pangan dan gizi, kelima penguatan dan pengembangan data informasi dan inovasi,” jelasnya.

Sri Lindawati mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk berdiskusi dalam perbaikan pada ketersediaan dan kualitas data prevalensi stunting cakupan intervensi gizi spesifik sampai ke tingkat desa serta meningkatkan akses bagi OPD dalam memanfaatkan data-data dalam menjalankan program pencegahan stunting.

“Dengan demikian dapat memudahkan kita dalam mengidentifikasi kebutuhan dan kesenjangan data, menyusun rencana tindak lanjut, perbaikan sistem data, dan review sistem manajemen data, serta tata cara memasukkan data ke dalam form-form,” tutupnya. []

Penulis : Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com