Gelar Pelatihan Jurnalistik dan UKW, Dewan Pers Sambangi 40 Kota di Indonesia

BALIKPAPAN – Kota Balikpapan menjadi penutup dari rangkaian kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) garapan Dewan Pers. Total 37 peserta mengikuti kegiatan yang digelar di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, mulai tanggal 30 Oktober hingga 1 November 2023 itu.

Analis Kebijakan Madya Dewan Pers Deritawati mengungkapkan kegiatan kali ini terselenggara hasil kolaborasi Lembaga Pers Dr Sutomo (LPDS) dan Kompas. Dari LPDS, satu peserta mengikuti UKW jenjang Utama, tiga orang peserta UKW jenjang Madya dan 22 peserta UKW jenjang Muda.

“Sementara dari Kompas ada 11 peserta yang mengikuti UKW jenjang Utama,” ujar Deritawati ditemui saat pelaksanaan UKW di Hotel Senyiur, Balikpapan, Selasa (31/10/2023).

Dia mengatakan, untuk tahun ini Dewan Pers telah menggelar 40 kali pelatihan jurnalistik dan UKW di 40 kota berbeda di Indonesia. Program yang menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ini telah dilaksanakan sejak tiga tahun ke belakang.

“Tentu targetnya adalah wartawan-wartawan di Indonesia memiliki kompetensi dan profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya,” katanya.

Di sisi lain, salah seorang peserta Andariana mengaku bersemangat mengikuti kegiatan UKW. Wartawati TribunKaltim ini mengatakan dirinya mendapatkan banyak pelajaran sekaligus masukan yang sangat bermanfaat.

“Kalau biasanya kan saya turun ke lapangan itu seperti learning by doing ya, kalau ada masalah harus cari solusinya sendiri. Tapi di pelatihan ini, semua permasalahan yang sering saya temui di lapangan ternyata seperti ini solusinya,” papar Andriana yang akrab dipanggil Kinan ini.

Ketika ditanya apakah berat mengikuti pelatihan UKW, dia tidak menampik. “Kalau berat ya cukup sih, tapi itulah yang harus saya hadapi karena bisa saja nanti di lapangan saya akan menemukan permasalahan liputan yang jauh lebih berat,” pungkasnya. *

Reporter : Agus P Sarjono / Penyunting : Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com