Sarpras Numpang Camat KBD Usulkan Kantor Baru

KUTAI KARTANEGARA – Sarana dan prasarana (sarpras) tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 tingkat kabupaten yakni Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Kota Bangun Darat (KBD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diketahui masih menumpang di kantor Desa Kedang Ipil. Hal ini diungkapkan Camat KBD Julkipli pada Kamis (02/11/2023). Salah satu sebabnya ialah masih barunya pemerintahan ini yang di dirikan pada tahun 2020 lalu, sarpras yang minim ialah ketiadaannya kantor induk.

“Saat ini kami menumpang di Kantor Desa Kedang Ipil,” ungkap Camat Kota Bangun Darat, Julkipli.

Saat ini, pemerintah kecamatan sudah mengusulkan pembangunan kantor camat kepada Pemkab Kukar. Lokasinya pun tidak jauh dari Kantor Desa Kedang Ipil, yakni sekitar 7 kilometer (km), atau 3 km menuju Desa Wonosari. Dengan luasan lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), seluas 10 hektare (ha).

Khusus untuk kantor desa, akan memanfaatkan lahan seluas 2,75 ha, 7,25 hektare sisanya akan dibangun kantor pendukung maupun kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kecamatan Kota Bangun Darat. “Menurut rencana, kantor camat akan dibangun mulai tahun 2024 nanti,” katanya.

Menurut informasi yang ia peroleh, anggaran pembangunan Kantor Camat Kota Bangun Darat bersumber dari anggaran Dinas Pekerjaan Umum Kukar. Anggaran yang disiapkan sekitar Rp 5 sampai 7 miliar.

“Anggaran itu ada di Dinas PU, kami hanya menerima informasi terkait proses perencanaannya,” tutup Julkifli

Penulis: Tusiman | Penyunting: Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com