Tradisi Bakti Sosial di HUT DWP Ke-24

DISPORA KALTIM – Dharma Wanita Persatuan (DWP) merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang beranggotakan para istri Pegawai Negeri Sipil (PNS), dibentuk dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada 7 Desember 1999 lalu.  Sebenarnya, DWP telah lahir sejak lama, mulanya bernama Dharma Wanita, didirikan di era Orde Baru, pada 5 Agustus 1974, bertujuan utama meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional.

Dalam Munaslub 1999, Dharma Wanita diubah menjadi DWP, dan dijadikan sebagai organisasi netral dari politik, independen dan demokratis.  Sejak itulah DWP berulang tahun,  pada 7 Desember 2023 ini, DWP akan berulang tahun yang ke-24. Guna memperingatinya, DWP Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar sejumlah kegiatan. Seluruh anggota DWP Kaltim terlibat berkegiatan, bukan saja berasal para istri PNS di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, juga dari lingkungan instansi vertikal di Kaltim.

Rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DWP ke-24 tersebut berlangsung selama dua hari, dari Selasa (07/11/2023) dan berakhir Rabu (08/11/2023) kemarin. Acara dipusatkan di lingkungan Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, berada di Kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening, Jalan Kiai Haji Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda.

Berbeda dengan peringatan HUT DWP tahun sebelumnya, kali ini kegiatan yang digelar semakin banyak dan semakin meriah. Hari pertama, kegiatan yang dilaksanakan adalah bakti sosial donor darah dilanjutkan dengan penyaluran paket bantuan kepada lansia dan pengasuh di panti jompo. Hari kedua, peringatan HUT DWP ke-24 dimeriahkan dengan senam bersama, dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba membuat tumpeng mini, lomba keserasian tata rias wajah dan lomba mengenakan seragam DWP.

Menurut Ketua DWP Kaltim Indri Indah Winarni Riza, kegiatan tahun ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan seluruh anggota agar bisa bersikap mandiri. Didampingi Surlailinda Agus Hari Kesuma (AHK), yang juga Ketua DWP Dispora Kaltim, Indri Indah Winarni Riza mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan juga didorong rasa untuk lebih berkontribusi kepada masyarakat, diwujudkan dengan melaksanakan sejumlah kegiatan kemasyarakatan, seperti donor darah, yang sudah jadi tradisi.

“Tahun 2023, telah melaksanakan kegiatan-kegiatan, melaksanakan donor darah, target 100 orang, telah terlaksana sebanyak 79, dan yang berhasil 50 lebih. Yang berhasil 50 persen lebih. Kami melanjutkan ke Panti Jompo di Panti Werda Dinas Sosial, dengan memberikan sedikit bantuan, sekiranya dapat diperlukan oleh lansia di situ,” ujar Indri Indah Winarni Riza didampingi Surlailinda AHK saat diwawancara media ini.

Secara terpisah, Sekretaris DWP Kaltim Nina Irni Yusnita Fahmi mengungkapkan, kegiatan ini berlangsung sangat meriah, pesertanya juga antusias. “Ulang tahun Dharma Wanita yang ke-24, kami mengadakan lomba yang bisa melibatkan semua anggota Dharma Wanita Kalimantan Timur, dari SKPD, dari vertikal ada juga. Rangkaian HUT itu, ada senam bersama, sebelumnya, tanggal 7 November itu kita mengadakan donor darah, pesertanya anggota Dharma wanita dan keluarganya,” papar Nina, sapaannya.

Dalam pelaksanaan donor darah yang digelar di Aula Kantor Dispora Kaltim, Nina melaporkan bahwa target pesertanya sebanyak 100 orang, tetapi yang mengikuti hanya sebanyak 74 orang, mereka adalah anggota DWP Kaltim dan keluarga. Dari 74 orang itu, tak semua dapat mendonorkan darah, hanya 57 orang yang berhasil diambil darahnya. Mereka yang berhasil donor darah terdiri dari 36 laki-laki dan 21 orang perempuan. Berdasarkan golongan darah yang didonorkan, 11 orang golongan A, 14 orang golongan darah B, 30 orang golongan darah O, dan golongan darah AB hanya seorang.

Sukses menggelar donor darah, pengurus DWP Kaltim berkunjung ke Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Nirwana Puri Samarinda, panti jompo binaan Dinas Sosial Kaltim yang berlokasi di Jalan Mayor Jenderal Soetoyo, Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda. Di sana, mereka menyerahkan bantuan berupa paket sembilan bahan pokok (sembako), makanan ringan, biskuit, serta obat-obatan yang dibutuhkan para penghuni panti. Harapan para pengurus DWP Kaltim, paket bantuan tersebut dapat membantu memenuhi keperluan lansia.

Selain menyalurkan bantuan, Ketua DWP Kaltim yang juga istri Riza Indra Riadi, Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim ini juga sempat berbincang dengan para pengasuh lansia di panti jompo itu. Ia memberikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi para pengasuh yang selama ini dengan sepenuh hati dan rasa kasih sayang merawat para lansia. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com