Kalteng Kembali Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia UCI MTB

PALANGKA RAYA – PROVINSI Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Union Cycliste Internationale Mountain Bike (UCI MTB) Eliminator Word Championship 2023. Ajang bergengsi di olahraga sepeda ini adalah kali kedua, sejak tahun 2022 kemarin yang digelar di Kalteng.

“Kami seluruh masyarakat Kalimantan Tengah patut bersyukur dan berbangga, karena Kejuaraan Kelas Dunia ini dapat diselenggarakan untuk kali kedua di Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Sirkuit MTB CITY SG 1973 yang kemarin baru saja kita resmikan bersama,” kata Wakil Gubernur Kalteng Edi Pratowo saat membuka UCI MTB Eliminator World Championship 2023 di Stadion Tuan Pahoe, Palangka Raya, Minggu (12/11/2023).

Edi Pratowo mengatakan dipilihnya kembali Kalteng sebagai tuan rumah ajang bergengsi ini, karena Kalteng telah memiliki Sirkuit MTB CITY SG 1973. Sirkuit tersebut memiliki karasteristik tersendiri karena memadukan jalanan aspal dan tanah dengan tantangan yang sangat menantang.

Sirkuit MTB CITY SG 1973, Palangka Raya

 

Ia menilai hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para riders dari seluruh dunia untuk menjajal sirkuit ini. Wagub juga mengatakan, penyelenggaraan acara ini menjadi kebanggaan bagi Indonesia karena terpilih sebagai tuan rumah di antara negara-negara ASEAN lainnya.

Menurutnya, keberhasilan UCI MTB Eliminator World Cup 2022 dan Championship 2023 di Provinsi Kalteng turut menjadi semangat bagi seluruh masyarakat untuk kembali menjadi tuan rumah world championship atau event bergengsi lainnya yang berskala nasional dan internasional.

Apalagi event kejuaraan dunia ini berpeluang menggerakkan roda perekonomian daerah dan nasional. “Seluruh warga masyarakat Kalimantan Tengah menyambut hangat kehadiran seluruh atlet, peserta serta pengunjung dan wisatawan lokal maupun wisatawan internasional,” ujarnya.

Dia mengemukakan, para peserta dan seluruh yang hadir di Kalimantan Tengah setelah menginjakkan kaki di tanah berkah serta turut meminum dan menikmati air Sungai Kahayan maka telah menjadi bagian dari masyarakat Dayak dan menjadi duta Kalimantan Tengah untuk mempromosikan Kalimantan Tengah di mata dunia.

Edy pun turut mengundang investor untuk datang dan berkunjung ke Kalteng demi menggali potensi untuk kemajuan daerah dan masyarakat Kalteng.

Sebagaimana diketahui, UCI MTB Eliminator World Championship 2023 adalah kejuaraan olahraga bersepeda kelas dunia yang diselenggarakan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Kejuaraan bergengsi tahun ini diikuti oleh 79 (tujuh puluh sembilan) top rider dari 47 (empat puluh tujuh) negara. Adapun peserta tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Pembukaan UCI MTB Eliminator World Championship 2023 kali ini turut dihadiri Anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Ketua Dekranasda Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, CEO UCI Kristoph Bruynell, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin, Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan Prov. Kalteng, Bupati, PJ Wali Kota/Bupati se-Kalteng, Panitia, sponsor.

Hadir pula seluruh pendukung kegiatan UCI MTB Eliminator World Championship 2023 dan seluruh peserta UCI MTB Eliminator World Championship 2023 Top Rider. Baik dari nasional maupun internasional. []

Penulis : Andi Isnar | Penyunting : Mansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com