Gubernur Bedah Buku Bersama Pelajar SMA dan SMK di Bulungan

BULUNGAN – BUKU berjudul “Sosok Inspiratif Dibalik Pemimpin Kaltara” pagi tadi dibedah para pelajar Sekolah Menangah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sederajat se-Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Minggu (12/11/2023).

Kegiatan bedah buku ini menghadirkan langsung penulisnya yang juga Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang. Dia mengatakan, bedah buku bertujuan untuk membuat para pelajar lebih memahami pesan-pesan yang terkandung dalam buku ciptaannya.

Selain ingin membuat para pelajar lebih mencintai dunia literasi dan memberikan semangat untuk menciptakan karya tulis, orang nomor satu di Provinsi Kaltara itu juga ingin memberikan dorongan semangat kepada para pelajar yang merupakan calon pemimpin masa depan.

“Ada banyak pesan yang saya sampaikan dalam buku ini, namun saya juga ingin agar para pelajar ini bisa mengambil contoh hidup yang saya lalui dan saya sampaikan dalam buku ini,” ujarnya.

Gubernur Zainal mengatakan, sebagian besar isi dalam buku “Sosok Inspiratif Dibalik Pemimpin Kaltara” ini merupakan kisah perjalanan hidup dan karier Zainal A. Paliwang dalam menata kehidupan.

Di mana sebelum menjadi sosok pemimpin Provinsi Kaltara, ia hanyalah anak biasa yang hidup di jembatan dengan kondisi apa adanya. Namun berkat kerasnya hidup yang dijalaninya, membuat Zainal semakin berusaha keras untuk merubah hidup di masa depan.

“Akhirnya saya pun berhasil menjadi perwira polisi dan menikahi gadis yang paling berpengaruh dalam hidup saya, hingga akhirnya menjadi seorang gubernur,” lanjutnya lagi.

“Sehingga saya pun ingin, para pelajar yang didukung dengan teknologi saat ini, bisa menjadi sosok yang lebih hebat untuk membangun masa depan. Jangan menyerah dengan keadaan karena saya yang hanya hidup dijembatan saja bisa seperti sekarang, apalagi mereka,” terangnya.

Ia menambahkan dengan adanya program sekolah gratis hingga beasiswa perguruan tinggi dari pemerintah, tentunya harus dapat membuat generasi bangsa tumbuh menjadi sosok yang kuat dan lebih hebat dari para pendahulunya.

“Karena masa depan bangsa dan masa depan Kaltara ada ditangan mereka yang merupakan calon pemimpin Kaltara dan saya juga percaya kalau masa depan Kaltara harus diserahkan kepada SDM Kaltara itu sendiri,” katanya lagi.

Buku Biografi yang menceritakan Sosok Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang sebelumnya telah resmi dilaunching pada malam ramah tamah di Pendopo Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (24/10) lalu.

Buku yang dirilis tersebut mengisahkan perjalanan hidup yang luar biasa dari Gubernur Zainal Arifin Paliwang, mulai dari masa kecilnya yang sederhana di sebuah lorong di sudut Kota Makassar hingga pencapaiannya sebagai Gubernur Kalimantan Utara.

Buku ini ditulis oleh tim penulis yang berbakat, yaitu Burhan SJ, Hisbullah, Ahmad Tang, dan Sofyan, yang merupakan pegiat literasi dan pengamat kebijakan publik.

Mereka dengan cermat menggambarkan berbagai tantangan dan rintangan yang dihadapi oleh Gubernur Zainal Arifin Paliwang dalam meraih cita-citanya, serta bagaimana ia berhasil mengatasinya dengan kerja keras, ketekunan, dan optimisme yang tinggi. []

Penulis | Penyunting : Agus P Sarjono (Sumber : Diskominfo Kaltara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com