SIMTARU Sambut IKN

SAMARINDA – Dalam rangka memperingati Hari Tata Ruang Nasional (HTRN), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Permukiman Rakyat (DPUPR-PERA) Kaltim telah meresmikan pembaharuan Sistem Informasi Manajemen Penataan Ruang (SIMTARU), Minggu (12/11/2023).

Kegiatan ini di hadiri oleh Pejabat lingkungan Pemprov Kaltim, para mahasiswa perguruan tinggi di Kaltim, serta stakeholder lainnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas (Kadis) PUPR-PERA Kaltim Aji Fitra Firnanda menjelaskan bahwa SIMTARU ini sudah ada sejak 2019 silam, yang berfungsi sebagai sumber informasi terkait perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian tata ruang wilayah khususnya di Provinsi Kaltim.

“Hari ini merupakan hari puncak HTRN, dan sekaligus meluncurkan pembaharuan aplikasi SIMTARU dapat digunakan untuk mengetahui tata ruang di Kaltim,” lanjutnya,

“Dan, hadir dengan peningkatan basis data dan pengembangan katalog peta, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Kaltim dalam proses tata ruang serta keterbukaan informasi publik,” ujar Kadis PUPR-PERA Kaltim Aji Fitria Firnanda.

Ia (Kadis PUPR-PERA Kaltim, red) menyebutkan bahwa dalam pembaruan aplikasi SIMTARU terdapat fitur terbaru yang melibatkan peningkatan layanan peta, perbaikan katalog peta, design yang lebih modern, dengan pengguna bisa antarmuka, dan penyediaan call center.

“Sistem ini dibangun berbasis website dan termasuk kelompok Geographic Informasi System (GIS), sehingga bisa menunjang data yang bereferensi geografis, serta menunjang data non spasial (data atribut),” imbuhnya.

“Dan, diharapkan Aplikasi SIMTARU ini bisa memudahkan masyarakat, pelaku usaha, investor ataupun pihak yang berkepentingan terkait tata ruang tersebut, sehingga bisa membawa dampak yang positif bagi iklim usaha di wilayah Kaltim,” ungkapnya.

Kadis PUPR-PERA Kaltim Aji Fitria Firnanda mengapresiasikan serta mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan kepada semua peserta, termasuk narasumber yang turut berpartisipasi dalam diskusi yang di gelar secara langsung saat ini.

“Dan semoga ke depannya, bisa lebih meningkatkan lagi aplikasi SIMTARU ini, agar mudah di manfaatkan bagi masyarakat di Kaltim, guna menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim,” pungkasnya. (ADV/AIS/DISKOMINFO.KALTIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com