Serahkan Bantuan Kursi Roda, Bagus : Buah Kepedulian kepada Atlet Disabilitas

DISPORA KALTIM – penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, atau sensorik dalam jangka waktu lama, yang dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif.

Hal ini juga tertuang dalam Undang-undang Nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Dinyatakan jika setiap warga negara, termasuk para penyandang disabilitas, mempunyai kedudukan hukum dan hak asasi manusia (HAM)  yang sama sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), dan sebagai bagian yang tidak terpisahkan.

Begitu pula dengan para atlet penyandang disabilitas, khususnya yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur (Prov. Kaltim).

Tidak hanya berbekal semangat dan tekad yang kuat, namun ada pula hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah, dalam hal pembinaan serta memberikan fasilitas yang layak bagi para atlet-atlet penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Inisiatif pemerintah untuk mendukung dan meningkatkan prestasi atlet penyandang disabilitas di PPU salah satunya diwujudkan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Prov. Kaltim dengan menyalurkan bantuan berupa 16 unit kursi roda kepada atlet National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten PPU.

Penyerahan secara simbolis bantuan 16 unit kursi roda yang dilaksanakan di Aula Kantor Dispora Kaltim, Kompleks Gelanggang Olahraga (Gor) Kadrie Oening, Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda, Selasa (14/11/2023) itu dilakukan oleh Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma (AHK), yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pembudayaan Olahraga, AA Bagus Surya Saputra Sugiarta kepada perwakilan Pengurus NPC Kabupaten Penajam Paser Utara, Sugiarti.

Bantuan tersebut merupakan hasil serap aspirasi masyarakat yang dilakukan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Prov. Kaltim Herliana Yanti saat melakukan reses di Kabupaten PPU.

Dalam sambutannya usai menyerahkan bantuan kursi roda, Bagus Sugiarta menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Herliana Yanti. Karena melalui Pokok Pikirannya, telah membantu dalam pengembangan olahraga, khususnya pengembangan para atlet-atlet disabilitas di Kaltim, terutama yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Ini adalah buah dari komitmen dan kepedulian ibu Herliana Yanti untuk membantu pengembangan olahraga, khususnya atlet disabilitas di Kabupaten Penajam Paser Utara,” ujar Bagus.

Bagus juga berharap, tidak hanya para atlet penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara saja yang diberikan bantuan, namun seluruh atlet penyandang disabilitas yang ada di Kota maupun Kabupaten yang ada di Kaltim, bisa difasilitasi juga dalam memenuhi segala kebutuhannya.

Begitu pula dengan Anggota Komisi 1 DPRD Prov. Kaltim dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Herliana Yanti. “Semoga dengan bantuan kursi roda ini, bisa sangat bermanfaat bagi para atlet penyandang disabilitas’ yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara,” kata Herliana Yanti.

Herliana juga menyebutkan, bahwasanya bantuan fasilitas berupa kursi roda untuk para atlet penyandang disabilitas ini, merupakan bantuan pertama bagi pihak NPC Kabupaten Penajam Paser Utara. Karena sebelumnya NPC Kabupaten Penajam Paser Utara belum pernah sama sekali mendapatkan bantuan.

Sementara Sugiarti, yang mewakili NPCI Kabupaten PPU menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan tersebut. Dia berharap bahwa kursi roda ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan prestasi atlet penyandang disabilitas di Kabupaten PPU.

“Inisiatif seperti ini tidak hanya memberikan bantuan fisik, tetapi juga menciptakan peluang baru bagi atlet difabel untuk mengembangkan bakat mereka dan mencapai prestasi gemilang dalam bidang olahraga,” pungkasnya.

Untuk diketahui, para atlet penyandang disabilitas dari Kabupaten Penajam Paser Utara akan diberangkatkan untuk mengikuti Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) Kalimantan Timur ke-4 2023, di Kota Balikpapan yang tengah berlangsung dari tanggal 15 Sampai tanggal 20 November 2023. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com