Banyak Perpustakaan Khusus di Kukar Tak Berstandar Nasional

KUTAI KARTANEGARA – Dinas Pengarsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Sosialisasi Perpustakaan Khusus Kabupaten/Kota 2023 bertempat di Perpustakaan Umum Kukar, Jalan Danau Semayang, Jumat (17/11/2023). Dalam sosialisasi itu, Diarpus Kukar mendorong setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membangun perpustakaan yang memenuhi standar nasional.

Kepala Sub Bidang Pemberdayaan Budaya Gemar Membaca Diarpus Kukar Edi Suhartono mengatakan, setiap OPD di Kukar mempunyai perpustakaan khusus, namun belum bisa memenuhi standarnya yang telah ditentukan. Salah satu penyebabnya, perpustakaan OPD belum ada yang memiliki nomor induk perpustakaan.

“Berdasarkan data yang kami miliki, terdapat 1.086 perpustakaan di Kukar. Namun masih banyak yang belum memenuhi standar nasional, termasuk perpustakaan OPD di Kukar. Oleh karena itu, melalui sosialisasi ini kami ingin mendorong OPD yang ada dan membantu mereka untuk dalam memenuhi standar perpustakaan yang sudah ada,” jelas Edi, sapaannya.

Meski intensitas pemanfaatan perpustakaan di OPD tidak setinggi di perpustakaan daerah atau umum, namun keberadaan perpustakaan yang berstandar nasional akan membantu meningkatkan sosialisasi minat baca dan juga membantu OPD dalam pengarsipan dokumen-dokumen.

“Perpustakaan ini penting karena perpustakaan berstandar nasional tidak hanya menjadi wadah besar sosialisasi membaca, namun juga mempunyai fungsi menunjang OPD khususnya dalam bidang kearsipan. Oleh sebab itu perlu dikelola dengan serius dan tenaga yang profesional,” tutup Edi. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com