Kaltim dan Seychelles Bakal Kembangkan Pariwisata Berbasis Blue Economy

SAMARINDA – Bahas potensi kerjasama wisata blue economy, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik bertemu Duta Besar Seychelles untuk ASEAN Nico Barito di Ruang Rapat 2 Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Rabu (29/11/2023).

Pertemuan tersebut menjadi momentum penting untuk membahas kerja sama yang sudah terjalin dan mendorong pengembangan pariwisata berbasis blue economy.

Akmal Malik menegaskan bahwa kerja sama ini sejalan dengan kebijakan nasional untuk mendorong pembangunan blue economy di daerah. Dia mengatakan, Provinsi Kalimantan Timur sebagai mitra dari Ibu Kota Nusantara (IKN), memiliki peran yang krusial dalam mengakselerasi kerja sama kedua belah pihak.

Pj Gubernur Akmal Malik menyadari pentingnya merekonstruksi kembali kerja sama yang telah terjalin, mengingat Seychelles adalah sebuah pemerintahan sedangkan Kalimantan Timur merupakan pemerintahan daerah. Hal ini menuntut regulasi yang lebih tepat untuk mendukung kerja sama antara pemerintah daerah dengan pemerintah negara lain.

Adapun peluang ke depan adalah peran Kaltim sebagai pendukung utama IKN, yang membutuhkan persiapan untuk menjadi gerbang dunia atau gate of world. Mengingat peran penting IKN yang akan menjadi tujuan masyarakat dunia, Kalimantan Timur berpotensi menjadi daerah pertama yang menyambut mereka. Semua potensi yang dimiliki harus dimaksimalkan.

Lebih lanjut, kawasan laut Kalimantan Timur sangat mendukung untuk pembangunan blue economy, dan Seychelles diharapkan bisa menjadi mitra yang mendukung dalam mewujudkan visi Kalimantan Timur sebagai provinsi global.

Dalam konteks ini, Duta Besar Seychelles untuk ASEAN, Nico Barito, menekankan bahwa kerja sama ini melampaui sosok pemimpin gubernur, tetapi lebih pada hubungan antarpemerintahan. Seychelles sebagai negara kepulauan terus menjaga hubungan yang kuat dan ingin terus berkembang bersama untuk saling mendukung.

“Kita tetap berlanjut saja, Pemerintah Seychelles dengan Kaltim, tetap bersahabat baik dengan Indonesia, di mana Kaltim menjadi bagian Indonesia,” ungkap Nico Barito, menegaskan pentingnya kerja sama yang berkelanjutan antara Seychelles dan Kalimantan Timur. (ADV/IHS/DISKOMINFO.KALTIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com