Kendalikan Inflasi, Pemprov Serahkan Bantuan 2 Ribu Benih Cabai

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTH) menyerahkan secara simbolis bantuan dua ribu benih cabai kepada Kota Samarinda. Bantuan tersebut dalam rangka mendukung Program Satu Juta Cabai dan mengendalikan inflasi di kabupaten dan kota di Kalimantan Timur.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni, kepada Ketua Dasawisma Kelurahan Karang Mumus, Sambutan, dan Kelurahan Selili. Acara berlangsung di Ruang Pertemuan Kantor Camat Samarinda Kota, Rabu (29/11/2023).

Sri Wahyuni menekankan bahwa pemberian bibit cabai merupakan salah satu langkah konkret dalam upaya pengendalian inflasi di daerah. “Bantuan bibit cabai ini bukan tanpa alasan. Tapi ini sebagai upaya pengendalian inflasi,” ungkapnya.

Menurutnya, melibatkan masyarakat produktif dalam menanam cabai dapat menghindari kelangkaan cabai yang berpotensi meningkatkan harga secara signifikan. “Itulah hal yang sangat sederhana, tapi sangat strategis,” ujarnya.

Sekda Sri Wahyuni berharap agar penerima bantuan, seperti Dasawisma dan ketua RT, dapat merawat bibit cabai dengan baik agar tumbuh subur dan berbuah. “Jangan lupa disiram, sehingga tidak layu bahkan mati nantinya,” pesannya.

 

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kaltim, melalui Kabid Produksi Holtikultura Kosasih, melaporkan bahwa program pengadaan benih cabai telah dilaksanakan dua kali. Bantuan pertama sejumlah 5.000 bibit telah dibagikan untuk tiga kota, termasuk Bontang, Samarinda, dan Kota Balikpapan.

“Untuk yang terakhir di triwulan keempat ini, kami membagikan 7.000 bibit, dengan distribusi ke Kutai Timur, Bontang, Samarinda, dan Balikpapan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kosasih mengungkapkan harapannya bahwa bantuan tersebut dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para petani cabai di berbagai kelurahan, seperti Karang Mumus, Sambutan, dan Selili di Samarinda.

Acara penyerahan benih cabai juga dihadiri oleh beberapa pejabat daerah, termasuk Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Heni Purwaningsih, Sekretaris Dinas Pertanian Kota Samarinda, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kaltim Iwan Darmawan, Camat Kota Samarinda Anis Siswantini, serta Ketua Dasawisma dan Ketua RT dari beberapa kelurahan di Samarinda. (ADV/IHS/DISKOMINFO.KALTIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com