Bupati Tegaskan, Karang Taruna Jangan Jadi Organisasi Musiman

KUTAI KARTANEGARA – BUPATI Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melantik kepengurusan baru Karang Taruna tingkat Kabupaten Kukar Masa Bakti 2023-2028, bertempat di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Jumat (22/12/2023).

Dalam kesempatan itu Bupati Edi Damansyah menegaskan, perlunya penguatan pada struktur kepengurusan dalam karang taruna. Pasalnya melihat trend sebelumnya, karang taruna di tingkat kabupaten sudah lama tertidur dan kerap hanya muncul pada musim-musim tertentu.

“Terlepas dari acara pelantikan ini, kami mengharapkan kepengurusannya ke depan harus baik dulu kinerjanya. Karena kita di pemerintah punya keterbatasan, perusahaan-perusahaan juga punya keterbatasan, tentu itu menjadi tantangan bagaimana karang taruna bisa berjalan,” jelasnya.

“Karena kami tidak menginginkan karang taruna ini menjadi organisasi musiman saja, apalagi track recordnya jelas di Kukar ini sudah lama tidak ada karang taruna di tingkat kabupaten meski di tingkat kelurahan dan kecamatan masih ada dan aktif berjalan,” lanjutnya.

Bupati juga mengatakan, usai pelantikan tersebut Karang taruna harus segera menyusun program kerja lima tahun ke depan yang fokus pada pencapaian yang bisa dikerjakan. Program tersebut diharapkan selaras dengan program-program yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab), terkhusus yang ada dalam Perda Nomor 6 Tahun 2021 terkait program Kukar Idaman.

“Karang taruna ini ada di bawah Dinas Sosial, artinya pemuda-pemuda ini merupakan bagian dari pemerintahan. Oleh sebab itu kami mengharapkan kepengurusan ini bisa segera menyusun program kerja tentunya yang selaras dengan apa yang dimiliki daerah,” tandasnya.[]

Penulis : Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com