Capres Nomor 1 Minta Restu Kesultanan Kutai

KUTAI KARTANEGARA – KESULTANAN Kutai Kartanegara (Kukar) menyambut kedatangan Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 yakni Anies Rasyid Baswedan yang berkunjung ke Kedaton Kesultanan Kutai, di Tenggarong, Kamis (11/01/2024).

Dalam kunjungan pertamanya ke Kukar selama kampanye ini, Anies Baswedan mengaku bangga karena tradisi Kesultanan Kukar terus terjaga dengan baik. Dia mengatakan Kedaton Kesultanan Kutai memiliki atmosfer yang penuh keagungan, yang menandakan sejarah panjang di tanah Kukar.

“Kesultanan ini menjadi tonggak awal komitmen berdirinya negara kesatuan. Dan ini harus kita apresiasi, bahwa negara harus ikut dalam menjaga warisan dan nilai budaya,” ucap Anies.

Capres dari koalisi Partai Nasdem, PKB dan PKS ini mengatakan, bahwa pelestarian adat dan budaya Indonesia harus menjadi perhatian bersama. Karenanya, dia sangat mengapresiasi sejarah panjang tempat kesultanan tertua di nusantara berdiri. Dia juga meminta restu kepada yang mulia Sultan Kutai Aji Muhammad Arifin untuk mengikuti kontestasi pesta demokrasi pada kesempatan ini.

“Budaya itu dilestarikan dan dikembangkan sehingga memiliki nilai bagi generasi mendatang. Kami berkomitmen menjaga warisan itu,” ucap Anies.

 

Sementara Pangeran Mangku Patih mewakili Kesultanan Kutai sangat menyambut baik kedatangan capres nomor urut 1. Ia mengatakan bahwa Anies datang ke Kesultanan Kutai untuk meminta doa dan restu kepada yang mulia Sultan Kutai Aji Muhammad Arifin.

 “Kesultanan tentunya mendukung, Kesultanan tetap berpegang terhadap asas netralitas. Jadi kami mendukung calon manapun serta siapa pun yang mau menyambangi Kesultanan Kutai,” tutur Mangku Patih.

Pangeran Mangku Patih berharap para capres memperhatikan Kesultanan Kutai, terutama untuk mendorong dan menjaga harkat dan martabat Kesultanan Kutai Kartanegara (Kukar) Ing Martadipura.[]

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Verified by MonsterInsights