Presiden Ground Breaking Pembangunan Masjid di Kawasan IKN

PENAJAM PASER UTARA – PRESIDEN Joko Widodo melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah proyek strategis nasional Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten PPU, Kalimantan Timur, Rabu, (17/1/2024). Salah satunya adalah pembangunan Masjid Negara yang juga berada di kawasan IKN.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyebut kapasitas masjid negara pertama di IKN ini mencapai 61 ribu orang. Jokowi mengatakan nilai konstruksi masjid negara ini mencapai Rp 940 miliar. Masjid ini juga dilengkapi dengan infrastruktur kawasan seperti lahan, jalan dan jembatan.

“Memang sangat besar sekali masjid ini nanti,” kata Jokowi di IKN.

Dalam keterangannya, Jokowi menyebut sekeliling bangunan masjid akan dikelilingi oleh air dengan dibuatkannya embung buatan untuk memoles eksterior masjid. Sehingga membuat masjid ini tidak hanya terlihat indah dari dalam.

“Saya dibisiki bisa selesai akhir tahun ini,” ujar Jokowi.

Kepala negara menyatakan pembangunan rumah ibadah di IKN tidak akan berhenti di masjid. Ia menyebut nanti akan ada pembangunan gereja katedral, wihara, pura, hingga klenteng.

Jokowi berharap masjid negara ini akan merepresentasikan kemajemukan Indonesia dan sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan.

“Yang ini akan menunjukkan betapa kita ini sangat beragam tetapi kerukunan tetap terus kita jaga untuk membangun persatuan di negara kita,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga akan melakukan peletakan batu pertama sejumlah pembangunan infrastruktur di IKN dalam tiga kategori proyek pada hari ini. Tiga jenis proyek itu adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta, dan lembaga negara.

Lebih awal pada hari ini, Jokowi sudah groundbreaking Nusantara Logistics Hub and Services di IKN. Kepala negara berharap proyek sinergi PT Pos Indonesia dengan PT Bina Karya Persero mendukung keberadaan IKN sebagai superhub dan kehadiran perusahaan jasa logistik. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com