Sodiq Bakal Satukan Persepsi Bangun Desa Loa Duri Seberang

KUTAI KARTANEGARA – DESA Persiapan Loa Duri Seberang sebagai hasil dari pemekaran Desa Loa Duri Ulu baru saja diresmikan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah sekaligus melantik Sodiq, SP sebagai Penjabat (Pj) Kepala Desa Loa Duri Seberang di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Loa Duri, Kecamatan Loa Janan, Kukar, Minggu (21/01/2024).

Sebagai Pj Kepala Desa, Sodiq ditugaskan Bupati Edi Damansyah untuk menangani segala persiapan terkait struktur desa, batas wilayah, dan fasilitas dasar desa sebelum ada pemilihan kepala desa defenitif di tahun 2025 nantinya.

“Ini harus dilakukan dengan cepat agar Pemerintah Kabupaten bisa berkoordinasi  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Kementerian Dalam Negeri,” kata bupati saat pelantikan.

Mendapat amanah itu, Sodiq menyatakan akan segera berdiskusi bersama tokoh-tokoh masyarakat untuk menyatukan persepsi agar Desa Persiapan Loa Duri Seberang bisa segera menjadi desa definitif.

“Rencana terdekat saya adalah diskusi bersama, di mana nantinya akan dikumpulkan masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat untuk menyatukan persepsi dan tujuan dalam memantapkan pengakuan dari desa persiapan menjadi desa defenitif,” ungkap Sodiq ditemui usai pelantikannya.

Ia melanjutkan, Desa Loa Duri Seberang sangat berpotensi dalam bidang pertanian sebelumnya, sehingga ke depannya akan semakin dioptimalkan. Berbagai bantuan dari Bupati Kutai Kartanegara pun masih dilakukan. Di samping itu, ia juga menjelaskan bahwa bidang peternakan dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga akan dikembangkan.

“Untuk peternakan sudah difasilitasi oleh PT. MHU, yakni ayam KUB, sehingga ke depannya akan diusahakan lagi agar Desa Loa Duri Seberang bisa menjadi pusat produksi Day Old Chick (DOC). Selain itu pula, untuk UMKM yang digenjot nantinya akan berasal dari pakan ayam yang kami produksi sendiri maupun hasil dari Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di sana,” paparnya.

Selain mengungkapkan rencananya, ia pun tak lupa mengapresiasi para warganya yang sudah kompak mendukung pelaksanaan acara pelantikan hari ini.

“Di samping saya sangat senang dan terharu, saya pun sangat bangga dengan masyarakat, sebab mereka telah mempersiapkan mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan kegiatan ini. Mereka patut di apresiasi,” katanya lagi. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com