Shayne Pattynama Resmi Bergabung dengan Klub Liga Belgia Kas Eupen

EUPEN – Bintang Tim Nasional (timnas) Indonesia, Shayne Pattynama, resmi bergabung bersama klub Liga Belgia KAS Eupen pada, Jumat (02/02/2024). Shayne Pattynama yang sebelum ini memperkuat Viking FK di Liga Norwegia, telah mengikat diri selama 2,5 tahun bersama kubu Liga Pro Belgia alias kasta tertinggi sepak bola Belgia tersebut.

Nama lengkap Koenigliche Allgemeine Sportvereinigung (KAS) Eupen dan merupakan klub sepak bola yang bermukim di kota Eupen di provinsi (Prov.) Liege. Kota Eupen berpopulasi sekitar 20.000 orang dan terletak dekat perbatasan dengan Jerman, di barat Belgia. Klub tersebut berdiri pada Juli 1945 dan bermarkas di Kehrwegstadion, yang berkapasitas 8.363.

Musim 2023-2024 merupakan musim ke 79 klub tersebut berkompetisi di sepak bola Belgia, dan musim kedelapan mereka bertahan di kasta teratas liga Negeri Wafel tersebut. KAS Eupen finis peringkat ke-15 dari 18 tim di Liga Belgia musim lalu dan hanya terhindar dari zona degradasi berkat perbedaan satu poin dengan rival mereka, Oostende.

Klub tersebut dimiliki oleh pemerintah Qatar melalui entitas bernama Aspire Zone Foundation sejak Juni 2012, tak lama setelah negeri teluk tersebut mengakuisisi Paris Saint-Germain. Menurut profile di situs Linkedin mereka, Aspire Zone Foundation, berbasis di Qatar dan mempunyai beberapa stadion dan tempat olahraga terbaik di dunia yang menawarkan tujuan olahraga, kedokteran olahraga, penelitian, dan pendidikan yang unik untuk industri olahraga internasional.

Aspire Zone mampu melayani kebutuhan olahraga tertinggi mulai dari menyelenggarakan acara olahraga besar hingga kamp pelatihan dan Pra-kompetisi hingga konferensi dan penelitian serta diagnosis cedera, perawatan dan rehabilitasi. Aspire Zone juga membawahi Aspire Academy, salah satu pusat pengembangan talenta terbaik di dunia. KES Eupen diplot sebagai platform bagi pemain lulusan Asprie Academy untuk bermain di Eropa.

Sepanjang sejarahnya, KES Eupen pernah mengoleksi tiga gelar kasta ketiga Liga Belgia dan dua gelar kasta keempat. Menurut Transfermarkt, pemain dengan harga pasaran tertinggi yang mereka miliki sekarang adalah kiper Gabriel Slonina yang tengah dipinjam dari Chelsea, dengan harga pasar 5 juta euro, disusul oleh penyerang Bartosz Bialek dipinjam dari Wolfsburg, dengan harga pasar 1,5 jtua euro, dan bek tengah sekaligus kapten Boris Lambert senilai 1,5 juta euro.

Shayne yang punya darah Indonesia langsung dari sang ayah resmi menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) pada, 24 Januari 2023.  Ia melakoni debutnya bersama timnas Indonesia saat melawan Argentina dalam laga persahabatan di Stadion Gelora Bung Karno pada, 19 Juni 2023.  Sejak saat itu, Shayne sudah enam kali membela timnas Indonesia, termasuk di Piala Asia 2023 kontra Australia.

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Verified by MonsterInsights