Pj Gubernur Lepas Ekspor Perdana Produk Turunan Pisang ke Singapura dan Eropa

SANGATTA – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik melepas ekspor perdana produk turunan olahan pisang dari Desa Salangkau, Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Produk turunan olahan pisang itu berupa Fruitboks dan Kalbana.

“Saya tadi tidak mau naik (memberi kata sambutan) kalau belum ada produk olahan pisangnya. Ternyata rasanya memang luar biasa,” puji Akmal Malik mengawali sambutannya di Kantor Desa Salangkau, Kamis (1/2/2024).

Dia juga memuji kreativitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Salangkau. Menurutnya produk olahan Pisang Kepok Grecek andalan Kutim itu memang layak bersaing di pasar global.

Selanjutnya Akmal juga menceritakan pengalamannya menikmati Fruitboks dan Kalbana saat lawatan ke Korea Selatan. “Saya tidak menyangka ternyata menemukan hal yang sama (produk turunan pisang) di pelosok sini,” ungkapnya.

Kekagumannya masih berlanjut karena menurutnya produk olahan pisang ini lompatannya luar biasa karena berhasil bisa langsung ekspor ke luar negeri. Selain untuk tujuan ekspor Akmal menyarankan agar produk Fruitboks dan Kalbana ini juga bisa dipasarkan di Kutai Timur sendiri dan Kaltim juga Jakarta serta daerah lainnya di Indonesia.

Jadi kata dia, produk UMKM Desa Selangkau nantinya bisa dipasarkan di seluruh hotel di Kutai Timur dan tersedia di setiap kamarnya serta menjadi fasilitas layanan yang bisa langsung dinikmati pengunjung hotel.

“Ini harus ditaruh di semua kamar hotel. Jadi bayar kamarnya sudah dapat cemilan. Saya ingin barang bagus Kaltim ini juga bisa dinikmati orang Kaltim,” pungkasnya. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com