Nurian Noor: Partisipasi Hak Pilih Warga Binaan Hampir 100%

BALIKPAPAN – KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Nurian Noor menyebutkan bahwa partisipasi hak pilih warga binaan setiap lapas di Kota Balikpapan sangat tinggi, bahkan hampir 100 persen.

Hal ini diungkapkan Nurian Noor usai menggelar rapat penertiban alat peraga kampanye di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan, Jalan Jenderal Soedirman, Balikpapan Kota, Selasa (06/02/2024).

“Berdasarkan pada pemilu sebelumnya, partisipasi hak pilih dari warga binaan di setiap lapas itu semuanya tinggi, rata-rata hampir 100 persen gunakan hak pilihnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Nurian mengatakan bahwa partisipasi dari warga binaan lapas itu didorong oleh adanya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak KPU Kota Balikpapan.

“Sosialisasi itu orientasinya adalah bagaimana mereka menggunakan hak pilih. Ketika hak pilihnya terbukti dari pemilu ke pemilu sudah tinggi kan artinya sudah sangat baik. Justru untuk masyarakat di luar lapas ini yang perlu lebih didorong untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya,” paparnya.

Ia menjelaskan TPS Khusus yang ada di setiap lapas sebagai sarana penyelenggaraan pemilu bagi warga binaan telah membuat partisipasi penggunaan hak pilih menjadi lebih tinggi.

“Harapannya disamping dia sadar menggunakan hak pilih, dan dia sadar terhadap kesalahannya, jadi melalui pemilu ini mereka sadar dan bisa menjadi warga negara yang baik ke depannya,” tutupnya. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com