Bandara APT Pranoto Siap Dukung Uji Coba Taksi Terbang IKN

SAMARINDA – Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda bersiap menjadi lokasi uji coba taksi terbang atau trial advanced air mobility yang rencananya akan diperuntukan bagi alat transportasi publik di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Pada hari ini kami menerima kunjungan dari produsen taksi terbang Hyundai Motors yang melakukan survei rencana uji coba di Bandara APT Pranoto Samarinda,” kata Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Maeka Rindra Hariyanto di Samarinda, Selasa, (6/2/2024).

Menurut Maeka, Tim Hyundai Motors yang merupakan produsen mobil asal Korea Selatan akan menentukan penggunaan apakah Samarinda atau Balikpapan yang nantinya ditetapkan sebagai tempat uji coba taksi terbang.

“Ini akan menjadi uji coba pertama kali taksi terbang yang akan dipergunakan sebagai alat transportasi publik di IKN,” ujarnya.

Maeka menambahkan Bandara APT Pranoto Samarinda mendukung penuh kegiatan kegiatan yang menunjang pembangunan IKN. “Dari segi operasional bandara ini tidak sepadat seperti halnya Balikpapan. Kami juga menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan baik itu dari rute, jam terbang, slot, hingga tempat singgah,” tuturnya.

Dia menjelaskan, Tim Hyundai Motors masih memeriksa kondisi lapangan yang memenuhi syarat sesuai dengan standar kriteria mereka. “Ini masih sifatnya survey awal belum ada penetapan lokasi pasti. Mereka juga akan memikirkan bagaimana mendatangkan pesawat tersebut menggunakan kapal hingga nanti sampai di Samarinda,” paparnya.

Dituturkan Maeka taksi terbang tersebut rencananya akan diuji coba pada tiga atau empat bulan ke depan. Namun kepastian dan kesiapannya tentu ditentukan oleh fihak Hyundai Motors. Secara garis bedar pihak Bandara APT Pranoto Samarinda siap mengakomodir hal tersebut apalagi taksi terbang tersebut dianggap ramah lingkungan karena menggunakan sumber energi listrik.

“Taksi terbang diharapkan bisa menjadi solusi transportasi masa depan terutama di daerah perkotaan yang padat dan macet” pungkasnya. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com