Dukung Perekonomian, Pemkot Samarinda Revitalisasi Seluruh Pasar di Kota Tepian

SAMARINDA – WALI Kota Samarinda Andi Harun meresmikan Food Court dan Mushola Al Harun yang terletak di Lantai 2 Pasar Merdeka, Jalan Merdeka, Samarinda, Sabtu (10/2/2024).

Peresmian tersebut dimeriahkan dengan Food Festival dari 15 tenant Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berjejer rapih di lapangan parkir Pasar Merdeka. Food festival itu akan berlangsung mulai tanggal 10 sampai 12 Februari 2024.

Dalam sambutannya Andi Harun mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda terus berupaya melakukan revitalisasi di seluruh pasar yang ada di Kota Tepian untuk mendukung perekonomian.

“Ini adalah komitmen pemerintah untuk bisa menyediaakan fasilitas bagi pelaku usaha UMKM dan UKM,” ujarnya.

Melalui peresmian Food Court Pasar Merdeka ini Andi Harun berharap dapat mengatasi perasaan was-was yang kerap dialami para pedagang ketika pemerintah berancana merevitalisasi pasar. “Karena satu satunya niat pemerintah adalah memberikan fasilitas bagi warga yang akan berbelanja, bagi pengunjung pasar dengan fasilitas yang baik,” tuturnya.

Di sisi lain Andi Harun mengatakan Mushola Al Harun di Pasar Merdeka dibangun dengan desain cukup mewah. Dia berharap masyarakat merasa betah ketika melaksanakan ibadah di situ. Terlebih umat Islam tidak lama lagi akan menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya mushola ini pada saat adzan para pedagang bisa langsung ambil air wudhu dan sholat” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Samarinda Marnabas mengungkapkan pihaknya tengah mengupayakan pembangunan mushala di setiap pasar. “Diharapkan ini akan mempermudah pedagang maupun pengunjung yang ingin menunaikan ibadah,” ujar Marnabas.

Marnabas yang juga Purna Praja APDN ini mengungkapkan selama beberapa bulan ke depan pedagang di Food Court akan dibebaskan dari pembayaran air dan listrik. “Terima kasih kepada semua pedagang atas kesediaannya sehingga bisa diatur dan menyaksikan (peresmian) ini,” pungkasnya. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Verified by MonsterInsights