Tertib, Sederet Kepala Daerah Kalbar Berikan Hak Suara di TPS Masing-masing

KALIMANTAN BARAT – Sederet Kepala Daerah (Kada) di Kalimantan Barat (Kalbar)  mulai dari Penjabat (Pj) Gubernur hingga jajaran Wali Kota/Bupati telah memberikan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mereka masing-masing pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Rabu (14/02/2024).

1. Pj Gubernur Kalbar Harisson

Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar Harisson tampak datang sekitar pukul 07.40 WIB pagi di TPS 53, Jalan Palapa 2 Kota Pontianak bersama Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi (Prov) Kalbar Windy Prihastari.

Selanjutnya, ia bersama istri dan anaknya langsung melakukan pencoblosan di bilik suara yang telah disiapkan, dilanjutkan dengan memasukkan surat suara ke kotak suara, dan memasukkan jari kelingking ke tinta pemilu sebagai bukti telah melakukan pencoblosan.

Harisson memastikan, telah menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), serta pada Pemilu Legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) . Bahkan untuk Pileg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Prov. Kalbar dan Kota Pontianak. “Jadi saya telah menyalurkan hak pilih mulai dari Presiden, DPD, DPR Republik Indonesia (RI), DPRD Prov, dan DPRD Kota Pontianak,” kata Harisson.

2. Bupati Mempawah Erlina beserta Ria Norsan

Bupati Mempawah Erlina telah memberikan hak suara mencoblos dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 di TPS 08 Kelurahan (Kel.) Terusan, Kecamatan (Kec.) Mempawah Hilir, Kabupaten (Kab.) Mempawah, Kalbar, Rabu (14/02/2024) pukul 08.00 WIB.

Bupati Erlina tampak mencoblos bersama sang suami Ria Norsan yang merupakan Wakil Gubernur Kalbar Periode 2018-2023.

“Alhamdulillah hari ini pukul 8 pagi saya bersama bapak Ria Norsan datang ke TPS untuk ikut mencoblos. Hari ini merupakan pesta demokrasi Pemilu 2024 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Prov, dan DPRD Kab,” jelas Erlina.

“Alhamdulillah ini ibu sudah selesai mencoblos, siapa pun terpilih itulah yang terbaik. Meskipun adanya perbedaan kita harus tetap bersatu demi membangun bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia,” lanjut Erlina sembari memperlihatkan tinta di jari kelingking tanda selesai mencoblos.

3. Bupati Sambas Satono

Bupati Sambas Satono menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 003 Dusun Tanjung Mentawak, Desa Tanjung Mekar, Kec. Sambas, Rabu (14/02/2024) pagi hari. Satono tampak hadir pukul 08.30 WIB di TPS 003 bersama bersama sang istri Yunisa Satono dan putranya.

Setelah menyerahkan undangan untuk mendaftar kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), ia juga menunggu giliran seperti warga lain untuk mencoblos. Satono lalu menandatangani daftar hadir yang untuk mendapatkan surat suara selanjutnya masuk ke bilik suara untuk mencoblos.

4. Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menggunakan hak pilihnya atau mencoblos di TPS 04, yang berada di Gedung SDN 01 Putussibau, Kec. Putussibau Selatan, Rabu (14/02/2024). Dalam pencoblosan Pemilu 2024 ini, Bupati Kab. Kapuas Hulu sendirinya, tanpa didampingi keluarganya, dan hanya mendapatkan dua surat suara yaitu surat suara Presiden dan Wakil Presiden, dan DPD RI.

Bupati Kapuas Hulu menyampaikan, dirinya pemilih di luar domisili Kab. Kapuas Hulu, sehingga hanya mendapatkan surat suara dua lembar yaitu surat suara presiden dan wakil presiden dan DPD RI. “Ini sudah saya laksanakan sebagai warga negara Indonesia yang baik, untuk menggunakan hak pilih dalam menentukan pemimpin kedepannya seperti apa,” ujarnya kepada wartawan.

5. Pj Wali Kota Singkawang Sumastro

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) 064 Kel. Pasiran, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalbar, Rabu (14/02/2024). Sumastro datang dengan mengenakan pakaian berwarna putih dengan kombinasi celana hitam.

Begitu juga dengan sang istri. Sesampainya di TPS, ia pun menyempatkan untuk menyapa masyarakat. Kemudian bertegur sapa dan mengobrol dengan suka ria. Dalam kesempatan tersebut, Sumastro mengatakan ia datang untuk menjalankan kewajiban sebagai warga negara dalam Pemilu 2024.

6. Bupati Sanggau Yohanes Ontot

Bupati Sanggau Yohanes Ontot beserta istri Yohana Kusbariah menggunakan hak pilihnya di TPS 15 Kel. Sei Sengkuang, Kec. Kapuas, Kab. Sanggau, Kalbar, Rabu (14/02/2024). “Hari ini saya selesai mencoblos sesuai dengan dengan tingkatannya,” kata Yohanes Ontot.

Kepada masyarakat yang sudah berhak untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2024, Yohanes Ontot mengajak beramai-ramai ke TPS. “Hari ini jangan sampai absen, ayo beramai-ramai datang ke TPS, jangan sampai Golput. Kita berharap semua warga negara memberikan hak suaranya, pilih sesuai hati nuraninya. Selamat mencoblos, semoga tuhan memberkati Indonesia untuk memilih pemimpin yang hebat dan bermartabat,” pungkasnya.

7. Pj Bupati Landak Samuel

Pj Bupati Landak Samuel memberikan hak suaranya di TPS 02, Dusun Hilir Tengah 2, Desa Hilir Tengah, Kec. Ngabang Kab. Landak saat Pemilu 2024 pada, Rabu (14/02/2024). Karena masuk menjadi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), Samuel hanya menggunakan hak pilihnya untuk tiga surat suara, yakni Presiden, DPD RI, dan DPR RI.

TPS 02 Dusun Hilir Tengah 2 berada di  Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Ngabang, persis berada di samping Pendopo Bupati Landak. Samuel mencoblos sekitar pukul 09.30 WIB dengan didampingi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Landak, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Landak, Dandim 1210 Landak, dan Direktorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Kalbar.

Setibanya di TPS Samuel hanya duduk dibangku antrian tidak lebih dari 1 menit. Karena suasana TPS saat itu yang relatif sepi.

8. Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Rosalina Muda memberikan hak suaranya di TPS 29 yang berada di Jalan Tanjung Sari, Kel. Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, pada Rabu (14/02/2024) pagi.

Kedatangan Bupati Muda menggunakan pakaian putih bersama istri Rosalina Muda di TPS 29, menjadi momen tersendiri bagi warga yang juga mencoblos di TPS itu, karena warga dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memanfaatkan Kehadiran bupati Muda untuk berfoto bersama.

Muda Mahendrawan mengatakan dirinya sengaja lebih awal menggunakan hak pilihnya karena akan melaksanakan tugasnya sebagai kepala daerah untuk monitoring pelaksanaan Pemilu 2024 bersama Forkopimda Kab. Kubu Raya. Muda mengatakan dirinya merasa bangga bisa memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024 ini, dirinya optimis Pemilu 2024 ini berjalan aman dan kondusif.

“Saya yakin semua PPK, PPS, KPPS, RT-RW, desa dan juga kecamatan tentunya susah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Kita Optimis pesta demokrasi di Kubu Raya berjalan aman, kondusif dan bahagia,” kata bupati Muda usai mencoblos di TPS 29.

9. Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian

Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian menyalurkan hak pilihnya di TPS 063 Permata Hijau, di Jalan Parit Haji Mukhsin. Ani dan sang istri tampak datang dengan pakaian biasa seperti warga masyarakat biasa. Usai menggunakan hak pilihnya bersama keluarga, Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian mengunjungi sejumlah Tempat TPS di Kota Pontianak.

Dari hasil pantauannya, dapat dipastikan pemilihan umum di Kota Pontianak berjalan aman dan tertib. “Suasana pesta demokrasi berjalan aman, damai dan tertib. Masyarakat senang berada di bilik suara menentukan pilihannya,” ujarnya usai memantau pelaksanaan pemilu di sejumlah TPS Se-Kota Pontianak, Rabu (14/02/2024). []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com