Duta Wisata Kukar Akan Kembali Digelar

KUTAI KARTANEGARA – DINAS Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara berencana akan kembali menggelar Pemilihan Duta Wisata Kukar Tahun 2024. Rencananya, pendaftaran pemilihan Taruna-Dara Kabupaten Kukar itu akan dibuka pada bulan April hingga Mei mendatang.

Kepala Dispar Kukar H Slamet Hadiraharjo, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar Triyatma menjelaskan, Pemilihan Duta Wisata kembali dilaksanakan dengan harapan dapat membantu Dinas Pariwisata Kukar dalam memperkenalkan pariwisata daerah yang terkenal akan kaya sumber daya alam ini.

Pelaksanaan kegiatan tersebut lanjut Triyatma, bekerjasama dengan Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kukar dan akan melibatkan seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Kukar.

“Kami bekerjasama dengan Adwindo memberi tahu ke kecamatan atau ke sekolah-sekolah yang ada di Kukar untuk menginformasikan terkait dengan pelaksanaan pemilihan Taruna-Dara itu,” ucapnya ketika ditemui beritaborneo.com di Kantor Dispar Kukar, Tenggarong, Senin (19/02/2024).

Triyatma menyebutkan secara teknis nantinya sebanyak 12 pasang Duta Wisata dan Taruna-Dara akan dipilih, sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan untuk penyeleksiaan hingga penilaian grand final.

“Kami mengharapkan partisipasi dari setiap kecamatan untuk mengirimkan wakil mereka dalam seleksi Duta Wisata,” ujarnya.

Ia juga menuturkan, pemilihan Duta Wisata dan Taruna-Dara ini penting dilakukan karena memiliki tugas untuk mempromosikan pesona budaya, alam, hingga Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang ada di Kukar. Mereka ini merupakan mitra pariwisata yang memiliki tugas selama satu tahun ke depan, sangat dibutuhkan karena di Kukar memiliki potensi pariwisata yang luar biasa.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Adwindo Kukar yang telah berupaya mempromosikan sektor pariwisata selama ini. Harapannya sektor pariwisata di Kukar agar lebih berkembang dan maju, sehingga dapat mewujudkan masyarakat sejahtera,” ungkapnya.

“Pemilihan ini juga dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Duta Wisata Provinsi Kaltim nanti yang akan dilaksanakan di bulan Oktober 2024 mendatang. Jadi pemilihan Taruna-Dara di Kukar terlebih dahulu, baru dilakukan pemilihan di Provinsi Kaltim,” timpalnya. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com