RS Tk. IV Awang Long Diresmikan, Walikota Samarinda Sangat Bersyukur

SAMARINDA – RUMAH Sakit Tingkat IV (RS Tk. IV) Awang Long di Jalan APT Pranoto, Samarinda diresmikan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawarman Tri Budi Utomo, Senin (19/02/2024). Wali Kota Samarinda Andi Harun turut hadir mendampingi Pangdam dalam peresmian rumah sakit tersebut.

Wali Kota Andi Harun merasa sangat bersyukur dengan hadirnya RS TK IV Awang Long ini, artinya betambah pula fasilitas pelayanan kesehatan di Samarinda. Karena menurutnya, fasilitas pelayanan kesehatan menjadi salah satu fokus prioritas pemerintahan untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat. Dengan menghadirkan berbagai fasilitas kesehatan yang dapat melayani masyarakat.

Dia mengatakan, bersama hadirnya RS TK IV Awang Long Samarinda ini diharapkan dapat membawa manfaat, sebagaimana fungsinya yang diinginkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai fasilitator pembangunan rumah sakit ini dan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto selaku inisiatornya.

“Kami sangat bersyukur. Artinya bertambah lagi fasilitas kesehatan di Kota Samarinda ini dan bisa bermanfaat bagi prajurit dan keluarganya,” ujar Andi Harun usai peresmian.

Sebagai informasi, RS Tingkat IV Awang Long Samarinda dibangun di atas tanah seluas 8.800 meter persegi. Dengan luas bangunan sebesar 2.400 meter persegi. Rumah sakit itu juga memiliki fasilitas kesehatan yang meliputi alat X Ray, USG 4 Dimensi, ruang perawatan intensive care (ICU, PICU dan NICU).

Rumah sakit ini telah memikili 18 dokter yang aktif memberikan pelayanan. Yang terdiri dari 12 dokter spesialis, 4 dokter umum dan 2 dokter gigi. Adapun keberadaan 12 dokter spesialis tersebut terdiri spesialis anak, penyakit dalam, syaraf, bedah umum, bedah digestive, ortopedi, rehab medik, anastesi dan obgyn. Terdapat juga tenaga kesehatan lainnya. Seperti 14 perawat, 1 apoteker, 2 asisten apoteker, 1 fisioterapi dan 6 tenaga non medis. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com