Bangun Sinergitas dengan TNI, Kantor dan Perumahan Kodim 0901/SMD Diresmikan

SAMARINDA – WALI Kota Samarinda Andi Harun menghadiri undangan peresmian Kantor dan Perumahan Komando Distrik Militer (Kodim) 0901/SMD, Jalan Gajah Mada No 13, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota, Samarinda, Kamis (22/02/2024).

“TNI memiliki kewajiban untuk mendukung dan membantu mensukseskan program-program pemerintah di segala bidang menuju Indonesia yang adil dan makmur,” kata wali kota saat memberikan sambutan.

Karena itu lanjutnya, TNI juga memiliki tanggungjawab untuk membantu pemerintah daerah dalam menjaga kondisi yang aman dan produktif.

“Ke depan tantangan kita semakin besar, semakin kompleks dan juga multi dimensi. Sehingga tidak ada yang bisa bergerak sendiri, apalagi untuk membangun sebuah daerah,” ungkap Andi Harun.

Wali kota Samarinda itu menekankan bahwa tidak akan mungkin pemerintah kota sendiri mampu melaksanakan pembangunan tanpa sinergitas dan dukungan dari pemangku kewajiban terkait. Dia menegaskan perlunya sinergi dan dukungan dari berbagai elemen, termasuk dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Beberapa fakta yang bisa dilihat kaitan dengan pentingnya sinergitas atar elemen ujar Andi Harun, seperti keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menangani bencana Covid 19 beberapa waktu lalu. “Itu karena buah dari sinergi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah,” jelasnya.

Hal lainnya kata Andi Harun, penanggulangan pengendalian inflasi dan pertumbuhan ekonomi adalah juga tidak terlepas merupakan hasil dari adanyakolaborasi dan dukungan dari Forkopimda.

Karena itu, mengingat peranannya yang sangat strategis ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) memberikan dukungan kepada TNI dengan membantu pembangunan rumah dinas bagi unsur perwira.

Rumah sebanyak 14 unit dengan tipe 70 itu menelan anggaran sebesar Rp5,9 milyar. Selain itu juga dibangun bagi unsur prajurit sebanyak 30 unit rumah tipe 45 dengan anggaran Rp 6,7 milyar. Pembangunan kantor dan aula Markas Kodim 0901/SMD juga didanai dari anggaran Pemkot Samarinda tahun 2023.

Acara peresmian rumah dinas, kantor dan aula Kantor Markas Kodim 0901/SMD juga dirangkai dengan penyerahan kendaraan dinas operasional roda empat untuk Komandan Rayon Militer (Koramil) dan roda dua untuk Bintara Pembina Desa (Babinsa) juga Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com