Pariwisata Bangkit Kembali, Dispar Targetkan Wisatawan Meningkat

KUTAI KARTANEGARA – SEKTOR pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mulai kembali menggeliat. Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kukar targetkan kunjungan wisatawan meningkat, sehingga daerah itu dikenal lebih luas terkait dengan sektor pariwisatanya.

Kepala Dispar Kukar H Slamet Hadiraharjo mengatakan, di beberapa wilayah Kukar terdapat wisata–wisata baru, sehingga dapat kembali memikat daya tarik pengunjung. Apabila tingkat kunjungan wisatawan meningkat kata dia, maka tercapainya indeks kinerja utama di Dispar Kukar.

“Mereka membuat tempat pariwisata yang akan mendatangkan wisatawan, hal itu sejalan dengan program pemerintah daerah dalam indeks kinerja utamanya,” tuturnya kepada awak media di Kantor Dispar Kukar, Tenggarong, Jumat (23/02/2024).

Slamet menegaskan, pihaknya telah berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan terhadap pengelola wisata, sehingga mereka dapat mengelola wisatanya dengan baik dan benar. Dia juga meminta agar pelaku wisata, dalam mengelola wisata dapat melibatkan masyarakat sekitar, sehingga keberadaan wisata bisa dirasakan manfaatnya secara merata.

“Kami minta libatkan masyarakat setempat, sehingga bisa memberikan manfaat. Seperti melibatkan pelaku UMKM dan lainnya,” tegasnya.

“Kami berharap bagi pengelolaan wisata yang sudah berjalan, dapat memberikan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) Kukar,” timpalnya.[]

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com