Pendaftaran Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan Tersisa 5 hari lagi!

BALIKPAPAN – Sebagai agenda tahunan yang diselenggarakan bersama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan, Forum Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan resmi membuka kembali pendaftaran mulai dari tanggal 28 Januari – 29 Februari 2024.

Untuk diketahui, Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan akan memilih putera dan puteri Kota Balikpapan dalam menjalankan tugas dan jabatannya selama satu tahun. Mereka akan mempromosikan pariwisata Kota Balikpapan kepada turis asing maupun wisatawan lokal.

Mereka juga akan menjadi ikon daerah yang mampu menjadi pembicara dan membagikan informasi potensi pariwisata daerah, baik di dalam maupun luar kota, agar masyarakat luas tertarik untuk mengunjungi pariwisata di daerah itu. Dikarenakan Balikpapan merupakan beranda Ibu Kota Nusantara (IKN) sekaligus pintu gerbang Provinsi Kalimantan Timur

Kegiatan ini setiap tahun memiliki tema yang berbeda. Jika tahun lalu tema yang diangkat adalah Renjana of Bumi Borneo, Berjiwa Kuat, Sinergitas Kolaborasi. Maka tema yang diangkat tahun ini adalah Aksatria Citra Manuntung, Garda Terdepan dari Bumi Manuntung untuk Indonesia.

“Aksatria” berasal dari bahasa sansekerta yang berarti ksatriaan/pasukan, dan “Citra” merupakan arti dari representasi. Serta “Manuntung” melambangkan Kota Balikpapan. Sehingga secara keseluruhan, arti dari Aksatria Citra Manuntung yaitu generasi muda yang menjadi pasukan garda terdepan untuk mewujudkan kesan dan harapan yang nyata bagi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Balikpapan.

Pendaftaran Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan sebagaimana dikutip dari akun instagram @fdwb_bpn menetapkan beberapa persyaratan dan lampiran berkas yang harus dipenuhi untuk melanjutkan pendaftaran dan seleksi berkas.

Seperti persyaratan pada umumnya, untuk mendaftar menjadi Duta Wisata Manuntung Balikpapan haruslah termasuk sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Kota Balikpapan, dengan umur minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun per bulan April 2024.

Peserta memiliki tinggi minimal 165 cm untuk laki-laki, dan 160 cm untuk perempuan. Peserta haruslah cerdas, berprestasi, berpotensi, dan berwawasan luas, serta memahami kebudayaan dan pariwisata Kota Balikpapan.

Selain itu, memiliki 4B (Brain, Beauty, Behaviour, Braveness), berpenampilan menarik , komunikatif, dan menguasai bahasa asing, mampu menjalankan tugas sebagai DWMB 2024, belum menikah, bukan pengguna maupun pengedar narkoba, serta mendapatkan izin dari orang tua/wali.

Setelah pendaftaran dan seleksi berkas dilakukan, pada awal bulan Maret akan diumumkan semifinalis yang lolos berkas, dilanjutkan dengan test tertulis dan wawancara semifinalis, kemudian dilanjut lagi mulai tanggal 04 Maret sampai 23 April 2024 adalah waktu Pra Karantina Finalis DWMB 2024.

Barulah tanggal 25-27 April 2024 memasuki waktu Karantina Finalis DWMB. Tidak lupa pula pada tanggal 26 April, tepat sebelum malam pemilihan DWMB 2024, akan diadakan Malam Unjuk Bakat.

Tersisa 5 hari lagi, segera daftarkan dirimu para pemuda-pemudi Kota Balikpapan yang tertarik untuk mengoptimalkan dunia pariwisata Kota Minyak ini melalui link bit.ly/FormPendaftaran-PesertaPemilihanDWMB2024. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com