Pj Gubernur Apresiasi Dinas Perkebunan Kaltim

LOA JANAN – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik memeberikan apresiasi atas kerja keras Dinas Perkebunan Kaltim.

“Dinas Perkebunan mampu memproduksi dan menghasilkan produk produk yang siap diperdagangkan atau dipasarkan,” kata Akmal Malik usai melakukan pemotongan perdana stek lada di Pembibitan Komoditi Perkebunan km 41 Desa Batuah, Loa Janan, Kutai Kertanegara, Sabtu (2/3/2024).

Menurutnya, Dinas Perkebunan Kaltim hebat, memiliki Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yang sudah menghasilkan berbagai produk, seperti gula aren semut, jahe aren, lada putih dan merica serta pembasmi hama.

“Artinya potensi perkebunan Kaltim sangat bagus. Kita sudah bagus memproduksi. Tapi kita juga harus bagaimana memikirkan pemasarannya,” sambung Akmal Malik.

Karena itu ujarnya, perlu adanya kolaborasi. Dan Dinas Perkebunan harus bersinergi dengan Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata maupun instansi lainnya. Dengan begitu, lanjutnya, produksi perkebunan yang dihasilkan para petani kebun memberikan manfaat serta menghasilkan keuntungan.

“Titipkan produk produknya di hotel-hotel, Insya Allah ada yang memanfaatkannya. Jadi semua itu tinggal bagaimana kita berkolaborasi,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu Pj Gubernur menanam bibit lada didampingi Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ahmad Muzakkir. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com