Bupati Kukar Edi Damansyah Lantik Ratusan Pejabat: Ingatkan Agar Dokumen Penting Tidak Ikut Pindah

KUTAI KARTANERGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, Jumat (15/03/2024), melantik ratusan pejabat administrator pengawas dan fungsional lingkup Pemerintah kabupaten  (Pemkab) Kukar. Edi meminta kepada pejabat yang dimutasi, jangan dibawa dokumen lamanya. “Ingat, yang pindah orangnya saja, bukan dokumennya,” sebut Edi, di aula Serba Guna Kantor Bupati.

Edi punya alasan menyinggung itu, karena menjadi kebiasaan, pejabat yang dipindah, data sebelumnya dibawa juga, sehingga menyulitkan saat LPJ atau pemeriksaan, kalau datanya tidak ada. “Itu namanya, bikin sulit pejabat yang baru. Ini pemeriksaan pendahuluan sudah dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” tegasnya.

Dilantiknya ratusan pejabat tersebut, ungkap Edi bukan karena faktor dendam politik, tapi murni penyegaran organisasi. Karena trend birokrasi saat ini, perampungan struktur organisasi, tadi banyak pejabat fungsional. “Ada isu yang berhembus, saya melantik dan memutasi pejabat hari ini, karena di pemilu Februari 2024 lalu pilih 01 dan 02,” sebutnya.

Edi berpesan kepada pejabat yang baru, untuk segera beradaptasi dengan dunia kerja. Ubah cara fikir dan budaya kerja sebelumnya, menjadi lebih cepat dalam pelayanan ke masyarakat. Apalagi saat ini, sedang dibahas Rencana kerja pemerintah daerah tahun 2025 di Bappeda.

“Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kita sudah dapat penghargaan, skala Regional dan Nasional, ini patut dipertahankan,” ujarnya. Meski dapat penghargaan skala Regional dan Nasional, masih ada catatan oleh Pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan timur (Kaltim), bahwa SILPA kita tahun lalu masih cukup tinggi. Ini harus dibenahi secara bersama-sama.

“Kalau ingin menyelesaikan masalah, jangan sendirian, berkolaborasi dengan yang lainnya, agar persoalan selesai,” pungkasnya. []

Redaksi08/adv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com