Di Hadapan Warga Loa Ipuh, Ely Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

ADVETORIAL – ANGGOTA Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ely Hartati Rasyid kembali turun ke masyarakat. Dalam kesempatan itu, dia mensosialisasikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di hadapan puluhan warga Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Minggu (17/03/2024).

Dalam Sosialisasi Wasbang ke-3 tahun 2024 tersebut hadir sebagai narasumber yakni akademisi Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Johansyah dan Aji Chandra Buana, dimoderatori Ferawati Andini.

Dalam kesempatan itu Ely memaparkan empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Ia menyebut, keempat konsensus kebangsaan itu wajib dikenalkan kepada generasi penerus bangsa.

“Negara Indonesia kuat hingga sekarang, imbas empat pilar bernegara yang kita jalankan selama ini,” ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjungan (PDIP) ini.

Ely mencontohkan perbedaan suku, agama, dan warna kulit di tanah air, tetapi masyarakatnya bisa hidup berdampingan dengan damai membangun bangsa dan negara, meski Indonesia dengan kuasa Tuhan Yang Maha Esa diciptakan dari berbagai pulau se-Indonesia.

“Prinsip hidup damai, siap menerima perbedaan. Jika tidak siap terima perbedaan, akan berpotensi terjadi gesekan konflik antara masyarakat,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan Kukar ini.

 

Selain itu, Ely menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Kukar yang telah gotong-royong bahu membahu menjaga kerukunan dan keamanan di Kukar. Sehingga Kota Raja Tenggarong menjadi kondusif hingga sekarang.

“Prinsip saling berlomba untuk kebaikan, jangan berlomba untuk kejahatan. Saya berharap NKRI tetap utuh hingga akhir zaman,” tutur Ely.

Dia mengungkapkan, pentingnya menggelar Sosialisasi Wasbang bersama masyarakat dengan materi sosialisai penguatan empat konsensus tersebut. Sosialisasi Wasbang kata dia, menjadi agenda rutin anggota DPRD Provinsi Kaltim untuk bertemu masyarakat memberikan edukasi dalam upaya mencerdaskan masyarakat.

“Kuatkan wawasan kebangsaan kita, mencegah ancaman-ancaman memecah belah NKRI,” tutup Ely []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com