Wujudkan Karang Mumus Bersih, Pemkot Samarinda Gandeng Korem 091/ASN

SAMARINDA – UPAYA Wali Kota Samarinda Andi Harun mewujudkan Samarinda sebagai Kota Peradaban semakin terlihat geliatnya. Pembenahan kota terus dilakukan, termasuk menyasar hingga ke Sungai Karang Mumus.

Sungai yang berhulu di daerah Pampang Samarinda Utara ini mendapat perhatian penuh untuk dilakukan upaya revitalisasi berupa kegiatan pembersihan yang dilaksanakan secara senergis antar pemangku kepentingan.

Berkaitan dengan kegiatan pembersihan Sungai Karang Mumus tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menggandeng Komando Resor Militer (Korem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) untuk berkolaborasi mewujudkan sinergitas dalam mewujudkan sungai yang terbebas dari sampah.

“Sinergi kami itu sampai pada aspek tatakota, temasuk penanganan kebersihan sungai. Dan ini sudah saya bicarakan kurang lebih satu bulan yang lalu dengan Komandan Korem,” kata Wali Kota Andi Harun di sela-sela peresmian Perkantoran Korem 091/Aji Surya Natakesuma Samarinda, Minggu (17/3/2024).

Dia juga menjelaskan, pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI), dalam hal ini Korem juga menyambut positif rencana Pemkot Samarinda untuk ikut serta menjaga kebersihan di sekitar Sungai Karang Mumus. Saat ini kata dia, tahapan selanjutnya adalah tinggal merancang formalisasi rancangan kerjasama tersebut.

Andi Harun optimis, melalui kerjasama yang dilakukan tersebut kualitas Sungai Karang Mumus akan semakin meningkat. “Dari hasil kerjasama ini mudah-mudahan bisa semakin meningkat kualitas sungai kita,” harapnya.

“Kita semua, termasuk TNI akan terlibat langsung dalam pembersihan sungai. Dan nanti akan kami kolaborasikan dengan DLH (Dinas Lingkungan Hidup -red). DLH misalnya pengangkutan sampahnya,” bebernya.

Kegiatan pembersihan sungai ini, sambungnya, harus dilakukan secara berkesinambungan dari hari ke hari dan tidak dapat dilakukan secara insidentil semata.

“Kegiatan ke lapangannya harus setiap hari dilaksanakan, tidak bisa hanya sekali seminggu karena arus pasang surut Sungai Mahakam juga berkontribusi terhadap sampah di Karang Mumus,” jelasnya.

Andi Harun berkeyakinan bahwa kegiatan pembersihan sungai itu akan memberikan dampak positif bagi kualitas Sungai Karang Mumus dan sungai-sungai lain di Kota Samarinda.

“Dengan dukungan TNI, kami harapkan upaya menjaga kebersihan sungai dapat semakin ditingkatkan, mengarah pada peningkatan kesejahteraan dan lingkungan yang lebih bersih bagi masyarakat,” pungkasnya. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com