Launching Serambi 2024, Ini Kata Sri Wahyuni

SAMARINDA – BANK Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur resmi melaunching Kick off Semarak Rupiah Ramadhan dan Idul Fitri (Serambi) tahun 2024 yang digelar di ruang Maratua Lantai 4 kantor Perwakilan BI Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Senin (18/03/2024).

Launching Serambi 2024 ini dilakukan oleh Sekertaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim Sri Wahyuni didampingi Kepala perwakilan BI Kaltim Budi Widihartanto dan pimpinan perbankan yang ada di Kaltim.

Dalam sambutannya Sri mengatakan, masyarakat sudah memiliki kebiasaan untuk berbagi di Hari Raya Idul Fitri dengan memberikan uang lembaran yang masih baru kepada sanak keluarga, kerabat dan tetangga. Momen tersebut sebagai ungkapan rasa syukur akan datangnya hari kemenangan, setelah selama sebulan melakukan ibadah puasa.

“Semangat kepedulian dengan berbagi uang sudah merupakan tradisi yang melekat selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, kegiatan untuk penukaran uang menjadi sesuatu yang dinantikan,” ujar Sri.

Dia mengungkapkan, pemerintah telah menyiapkan tempat penukaran uang dan menyediakan stok dua kali lipat dari tahun kemarin. Harapannya, masyarakat dapat menukarkan uang di tempat resmi, agar tidak menimbulkan keraguan keamanan dan jaminan terhadap uang yang ditukarkan.

“Ikatan pemerintah dan masyarakat ini tetap terjalin apa yang menjadi kebutuhan finansial dari masyarakat. Ini dapat terpenuhi dengan mudah. Apalagi kebutuhan penukaran rupiah tahun ini naik cukup tinggi sejalan dengan peningkatan perekonomian Kaltim,” katanya.

Dia melanjutkan, pihaknya meminta masyarakat dapat memperlakukan semua uang berbagai pecahan dengan baik, jangan sampai lecek. “Perlakukan uang kita dengan baik. Berapa pun besarnya, kita harus menghargai rupiah sebagai mata uang negara kita,” ujar Sri.

Dalam kesempatan itu, Sri berharap apa yang dilakukan perwakilan BI Kaltim dengan membuka penukaran uang baru lebih awal dapat memberikan kemudahan masyarakat mendapatkan uang pecahan baru dan jangkauannya jadi lebih banyak.

“Kami berharap, kegiatan Serambi 2024 yang digagas Bank Indonesia di berbagai titik nanti akan memberikan kemudahan dan kesempatan waktu yang sama bagi masyarakat untuk memanfaatkan rupiah sebaik-baiknya,” tuturnya.

Launching Serambi 2024 garapan Perwakilan BI Kaltim yang dibuka Sekdaprov Kaltim Sri Wahyuni ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan mobil penukaran uang keliling perbankan, serta penukaran uang baru perdana. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com